Advetorial

660 KK Terdampak Covid-19 di Loktuan Terima Bantuan UPZ Pupuk Kaltim

660 kk covid-19
Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid (dua dari kanan) didampingi Lurah Loktuan M Takwin saat menyalurkan bantuan di BPU Loktuan. (Dok. Pupuk Kaltim)

Akurasi.id, Bontang – Sebanyak 660 Kepala Keluarga (KK) terdampak Covid-19 di Kelurahan Loktuan menerima bantuan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pupuk Kaltim, Selasa (5/5/20).

baca juga: Peduli Kuli Tinta, Pupuk Kaltim Bagikan APD dan Vitamin untuk Jurnalis

Cora (67) warga Jalan Martadinata RT 1 Selambai Loktuan Bontang Utara ini, tak henti mengucap syukur saat menerima satu paket kebutuhan pokok dari UPZ Pupuk Kaltim. Cora merupakan salah satu dari 660 Kepala Keluarga (KK) penerima bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kelurahan Loktuan, yang disalurkan UPZ Pupuk Kaltim secara bertahap.

Paket yang diberikan senilai Rp 300 ribu. Yakni berisi 10 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 2 liter minyak goreng, 1 kilogram tepung, sirup, kopi, teh, gula, makanan ringan, dan uang tunai senilai Rp 200 ribu.

“Alhamdulillah ini berkah Ramadan dan kesabaran. Paket ini sangat membantu untuk kebutuhan sehari-hari,” ucap Cora usai menerima bantuan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Loktuan.

Cora sudah lama tinggal sendiri, setelah kepergian suami 3 tahun silam. Sehari-hari untuk menyambung hidup, Cora hanya berjualan kue dan gorengan di sekitar tempat tinggal. Namun sejak pandemi Covid-19, usahanya itu tutup karena tidak ada lagi pembeli. Di samping itu juga karena keinginannya untuk patuh anjuran Pemkot Bontang agar tetap di rumah. Cora hanya mengandalkan bantuan anak untuk memenuhi kebutuhan hariannya bersama 4 cucu yang dia rawat.

“Ada 4 cucu di rumah karena orangtuanya meninggal, jadi saya yang rawat,” lanjut Cora.

Dirinya mengaku paket sembako dari UPZ Pupuk Kaltim merupakan kali pertama bantuan yang dia terima sejak pandemi Covid-19. Tak ada bantuan lain yang dia dapat meski diakui sangat dibutuhkan. Cora masuk sebagai salah satu penerima bantuan UPZ Pupuk Kaltim setelah didata Ketua RT dan pihak Kelurahan.

“Bahkan saya sempat bingung karena di rumah sudah tidak ada yang bisa dimasak, apalagi ini Ramadan. Tapi Alhamdulillah ada bantuan dari Pupuk Kaltim. Semoga ini menjadi berkah bagi perusahaan dan karyawannya,” katanya.

Warga penerima bantuan tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak. (Dok. Pupuk Kaltim)

Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid, mengungkapkan total bantuan sembako disalurkan bagi 1.129 KK terdampak Covid-19 di kawasan sekitar Perusahaan. Penerima bantuan berdasarkan data dari Pemkot Bontang, yang terdiri dari 660 KK di Kelurahan Loktuan, 112 KK di Kelurahan Guntung dan 357 KK di kawasan Sidrap. Paket disalurkan selama 3 bulan untuk periode April hingga Juni 2020. Total bantuan senilai Rp 1,69 miliar.

Bantuan ini juga merupakan bentuk dukungan UPZ Pupuk Kaltim terhadap program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pemkot Bontang bagi warga terdampak Covid-19 dan kurang mampu, sehingga bisa memenuhi kebutuhan Ramadan di tengah kondisi pandemi.

“Ini adalah penyaluran tahap pertama, yaitu di bulan April, sudah diawali di Sidrap minggu lalu dan hari ini di Loktuan. Ada 2 tahap lagi untuk periode Mei dan Juni 2020,” ujar Nur Sahid.

Mewakili Pemkot Bontang, Lurah Loktuan M Takwin, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UPZ Pupuk Kaltim atas kepedulian bagi masyarakat melalui paket bantuan yang disalurkan. Dirinya mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Loktuan, khususnya yang tidak masuk daftar penerima dari Pemkot Bontang.

“Karena tidak boleh ada tumpang tindih bantuan, yang sudah masuk program BLT Pemkot tidak lagi masuk sebagai penerima bantuan UPZ, sehingga seluruh masyarakat terdampak Covid-19 bisa mendapat bantuan serupa,” ungkap Takwin. (adv)

Penulis: Navra
Editor: Suci Surya Dewi

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close