DPRD Bontang

Abdul Malik Minta Pemkot Bontang Lebih Cermat Menggunakan APBD 2020

apbd 2020
Anggota Fraksi PKS Abdul Malik menyerahkan dokumen pandangan R-APBD 2020 kepada Ketua Dewan Andi Faizal Sofyan Hasdam. (Istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Pemanfaatan dan penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2020 tampaknya bakal mendapatkan pengawalan khusus dari Fraksi PKS DPRD Bontang. Selain itu, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan dapat membelanjakan anggaran yang telah diberikan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat.

Baca Juga: Maksimalkan Pengelolaan, Irfan Ingin BLKI Dilimpahkan ke Pemkot Bontang

Hal itu disampaikan anggota Fraksi PKS DPRD Bontang Abdul Malik saat menyampaikan pandangan fraksi atas Rancangan APBD (R-APBD) 2020 pekan lalu. Pada kesempatan itu, Abdul Malik meminta supaya setiap OPD menghadirkan inovasi dalam mengimplementasikan program pembangunan bagi masyarakat.

Salah satu yang ditekankan Abdul Malik kepada setiap OPD yakni, memverifikasi berbagai program pembangunan yang kurang tepat sasaran dan tidak terlalu urgen bagi masyarakat. Menurutnya, OPD harus lebih inisiatif memangkas program yang hanya menghabiskan anggaran dan tidak membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kami meminta kepada wali kota Bontang untuk segera melakukan evaluasi yang lebih mendalam pada masing-masing OPD agar anggaran dapat digunakan sesuai yang dibutuhkan masyarakat,” pinta Abdul Malik.

Dia juga meminta, agar OPD dapat menyusun program pembangunan secara berjenjang. Tidak hanya hadir secara mendadak. Melainkan harus terencana, baik dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Sehingga implementasi dan manfaatnya memang dapat dirasakan masyarakat.

Di sisi lain, dengan adanya perencanaan program pembangunan yang baik, maka alokasi anggaran yang sudah diberikan setiap tahunnya dapat termanfaatkan dengan baik. Serapan dari anggaran itu juga menjadi tepat guna bagi peningkatan mutu dan kualitas masyarakat.

“Kalau memang diperlukan adanya peningkatan sumber daya pegawai, ya pemerintah bisa saja melakukan itu. Karena kita semua memang membutuhkan SDM yang handal dan berkompeten di bidangnya masing-masing,” katanya.

Pada kesempatan itu, anggota Fraksi PKS yang lain juga mengingatkan terkait masa anggaran wali kota Bontang yang tinggal satu tahun. Di sisa masa jabatan ini, wali kota dan wakil wali kota agar lebih fokus memanfaatkan anggaran yang ada untuk menuntaskan visi dan misi yang sudah dibuat sebelumnya, serta merealisasikan apa yang menjadi janji-janji politik kepada masyarakat.

“Kami juga meminta kepada waki kota agar tidak menganggarkan kegiatan yang waktunya menggunakan tahun jamak (multiyears). Harus fokus meningkatkan kontribusi PAD sebagaimana yang tertuang dalam Kebijakan Perencanaan Pendapatan Daerah,” tandasnya. (*)

Penulis: Pewarta
Editor: Yusuf Arafah

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close