CorakIsu Terkini

Aksi Nyata di Peringatan Hari Peduli Sampah

Aksi Nyata di Peringatan Hari Peduli Sampah
Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan (kanan) turun ke lapangan memimpin aksi bersih-bersih sampah. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Akurasi.id, Sangatta – Sekira pukul 06.30 wita kemarin (21/2), Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara di kawasan Kabo tampak dipenuhi puluhan anggota polisi dan TNI. Bersama para stakeholder seperti pasukan kebersihan dan organisasi pemerhati lingkungan, mereka menunjukkan aksi nyata bersih-bersih lingkungan.

Rupanya kerja bakti membersihkan sampah ini, merupakan bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019. Sebagai wujud nyata kepedulian mereka terhadap sampah. Yang dibuktikkan dalam perilaku, bukan hanya sekedar slogan semata.

Selain TPS sementara  di Kabo, peringatan hari peduli sampah kali ini dilakukan di dua titik lainnya. Pasar Induk Sangatta (PIS) dan area Folder di Jalan Ilham Maulana yang merupakan tempat nongkrong dan jogging warga Sangatta.

Selain melakukan aksi bersih-bersih sampah, mereka juga membenahi beberapa titik yang rusak, agar nyaman dipandang.

Aksi Nyata di Peringatan Hari Peduli Sampah
Apel pasukan digelar sebelum memulai kerja bakti dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Usai memimpin apel, Kapolres Kutim, AKBP Teddy Ristiawan mengatakan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional bukan hanya menjadi sebuah peringatan, namun juga kerja nyata masing-masing individu, kelompok, maupun instansi agar lebih baik lagi dalam pengelolaan sampah demi masa depan bangsa.

“Semoga tidak hanya menjadi sebuah peringatan semata, namun juga menjadi aksi nyata kita agar lebih memperhatikan cara mengolah dan menangani sampah,” ujar Teddy.

“Untuk di TPS Kabo, kegiatan langsung saya pimpin bersama Dandim 0909 Sangatta. Kita ingin bersama-sama masyarakat, ikut menjaga lingkungan dengan tidak membiarkan sampah berserakan. Karena, dengan lingkungan yang bersih, tentu jadi nyaman dipandang, juga mencegah timbulnya beragam penyakit,” jelasnya.

Teddy mengambil contoh apa yang ia lakukan bersama jajarannya kali ini. Meskipun kecil, namun diharapkan dapat menjadi pemantik dan semangat bagi warga Sangatta dalam mengelola dan memperhatikan sampah mereka.

Usai melakukan apel pasukan, ratusan personel dan semua yang hadir langsung melakukan aksi nyata bersama pasukan kebersihan di tiga titik tersebut.

“Semoga di masa yang akan datang penanganan sampah bisa menjadi lebih baik dan efisien. Masyarakat juga lebih paham dan memperhatikan cara pengolahan sampahnya sendiri, karena setiap tahun permasalahan lokasi pembuangan sampah yang kecil dan volume sampah yang besar selalu menjadi masalah,” pungkas Teddy. (*)

Penulis: Ella Ramlah 
Editor: Yusva Alam

5/5 (1 Review)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close