Advetorial

Asah Bakat Pramuka Penggalang se-Bontang, Vidatra Scout Camp 2020 Digelar Perdana

Viscamp 2020
Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni didampingi Ketua Harian Yayasan Vidatra Nuri Fathurohman memukul gong penanda dimulainya event Viscamp 2020. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Pertama kalinya, Vidatra Scout Camp (Viscamp) 2020 digelar. Kegiatan Praja Muda Karana (Pramuka) ini merupakan program kerja (Proker) Gugus Depan 02.001-02.002 Pangkalan Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (YPVDP) 2020.

baca juga: Satukan Keberagaman, SMP Vidatra Gelar Wisuda Akbar Penghafal Kitab Suci 5 Agama

Dilaksanakan selama 3 hari, kegiatan ini berlangsung mulai Jumat-Minggu (13-15/3/20), di Lapangan Hijau SD Vidatra. Pada hari pertama, pembukaan Viscamp turut dihadiri Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Kehadiran orang nomor satu di Kota Taman –sebutan Bontang- ini menjadi pembina upacara sekaligus membuka secara resmi kegiatan pramuka tersebut.

Dalam sambutannya, Neni mengapresiasi adanya kegiatan Viscamp 2020. Menurutnya, agenda positif ini merupakan wadah dalam mengasah keterampilan dan kemandirian siswa. Tidak hanya itu, lanjut dia, siswa juga mampu mengasah intelektual dan skill problem solving atau pemecahan masalah sebagai bekal di masa depan.

“Kegiatan seperti ini sangat baik sebagai wadah pembinaan anggota pramuka. Seharusnya materi bela negara juga dapat dimasukkan ke pramuka sebagai bibit penerus bangsa ini,” ucapnya.

Ketua Gudep 02001 Pangkalan Yayasan Vidatra Bontang Mainurismi didampingi Sekretaris Umum Viscamp 2020 Fudianti berpendapat bahwa kegiatan itu baru pertama kalinya digelar di Bontang. Ide menggelar Viscamp 2020 ini berawal dari minimnya agenda untuk anggota pramuka tingkat SD.

“Selama ini yang paling banyak diadakan itu kegiatan pramuka SMP,” ujar Kak Fudi, sapaan akrabnya dalam pramuka.

Oleh sebab itu Viscamp 2020 pun direncanakan sejak Februari lalu. Digelar Maret ini, Fudi berharap ke depannya kegiatan pramuka ini rutin digelar setiap tahun.

viscamp 2020
Seluruh peserta Viscamp 2020 mengabadikan foto bersama Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni berfoto dan seluruh pembina pramuka. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Teknis pelaksanaan Viscamp 2020 ini diikuti para siswa SD tingkat penggalang. Tak hanya SD Vidatra, acara ini diikuti seluruh SD di Kota Taman. Baik anggota pramuka laki-laki dan perempuan. Dia membeberkan, tahun ini peserta Viscamp diikuti sekira 280 anggota pramuka penggalang. Jumlah tersebut terdiri dari 28 regu, baik putra maupun putri. Di mana masing-masing regu didampingi 1 pembina.

“Awalnya 34 regu yang sudah mendaftar, namun terbentur dengan waktu Ujian Tengah Semester (UTS) banyak yang mundur,” terangnya.

Beragam lomba diadakan di ajang ini guna mengasah bakat peserta. Di antaranya lomba bertema Campcraft yang terdiri dari scout chef, tapak perkemahan, be the first to cure (first aid), dan pioneering. Lalu ada tema Adventure terdiri dari SMS (sandi, morse, dan semaphore), kemampuan indera manusia (KIM), penjelajahan, membuat bivak, dan scout talent. Ada juga Art terdiri dari lomba pentas seni, poster, dan yel-yel.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Vidatra, Humas Badak LNG, dan Persatuan Wanita Patra (PWP) PT Badak NGL atas semua dukungannya,” ungkap Fudi.

Kepala SD Vidatra Nur Syamsu berujar pihaknya sangat mendukung beragam kegiatan positif yang digelar, salah satunya Viscamp 2020. Pihaknya pun tak segan-segan mendukung kegiatan yang bertujuan untuk membangun kepribadian mandiri para siswanya.

“Apapun yang bisa kami bantu akan kami bantu agar event ini berjalan sukses dan lancar,” pungkasnya. (adv)

Penulis: Yusva Alam 
Editor: Suci Surya Dewi


Artikel Terkait

Lihat Juga
Close
Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks