Advetorial

Bakti Sosial Peduli untuk Negeri, Aksi Kemanusiaan Siswa SMP Vidatra Angkatan 42 di Tengah Wabah Covid-19

bakti sosial vidatra
Para guru, panitia, dan perwakilan siswa saat membagikan paket sembako. (Yusva Alam/Akurasi.id

Akurasi.id, Bontang – Setiap tahun, Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (YPVDP) atau Yayasan Vidatra memiliki agenda rutin yang patut diteladani, yakni aksi bakti sosial berbagi paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Walau di bulan suci Ramadan kali ini diuji dengan pandemi Covid-19, hal ini tak menyurutkan pihak yayasan dan para siswanya untuk terus berbagi kepada sesama.

baca juga: Peduli Terdampak Covid-19, SMA Vidatra Bagikan Paket Sembako, Alat Tulis, dan Masker

Firman Hidayat, Koordinator Kurikulum SMP Vidatra menjelaskan, kegiatan ini diberi nama ‘Bakti Sosial Peduli untuk Negeri’. Dia mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin. Tidak hanya dilakukan setahun sekali, namun hingga 3 sampai 4 kali dalam setahun.

Untuk baksos kali ini dilaksanakan di depan Toko Sembako Hendra Mart, Senin (11/5/20), Jalan S Parman, Kelurahan Telihan, Kecamatan Bontang Barat. Para guru dan perwakilan siswa ini membagikan secara langsung paket sembako kepada warga yang sudah terdata sebelumnya.

“Kali ini dikhususkan kepada siswa kelas 9. Kami hanya membawa beberapa perwakilan siswa. Tidak bisa semua karena situasi pandemi saat ini,” ujarnya kepada Akurasi.id.

Aksi ini, kata Firman, diperuntukkan bagi siswa kelas 9 angkatan 42. Di mana kegiatan ini dilakukan siswa usai mengikuti ujian kelulusan. Dia menyatakan baksos ini sebagai ungkapan syukur siswa karena berhasil lulus dan siap naik ke jenjang berikutnya.

“Selain ungkapan syukur, kami juga ingin mengajarkan siswa bagaimana cara berempati kepada orang lain yang membutuhkan,” imbuhnya.

Perwakilan siswa saat menyerahkan paket sembako kepada warga yang membutuhkan. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Paket sembako ini merupakan donasi dari para siswa dan orangtua siswa yang tergabung dalam paguyuban kelas. Menurutnya, para orangtua siswa sangat mendukung kegiatan kemanusiaan tersebut. Orangtua bahkan mendorong anak-anaknya untuk aktif berbagi. Bahkan orangtua siswa di sekolah swasta ini pun ikut terlibat dalam pendataan warga penerima bantuan.

“Sudah jauh-jauh hari orangtua menyerahkan nama-nama warga yang membutuhkan, yang berada di lingkungan sekitar rumah mereka. Karena target penerima bantuan ini adalah orang-orang terdekat dari lingkungan tempat tinggal siswa,” bebernya.

Pihaknya pun berharap agar wabah ini dapat segera berakhir. Selain itu, prestasi siswa Vidatra semakin meningkat.

“Mumpung di bulan suci ini kami berdoa yang terbaik untuk bangsa ini dan khususnya Yayasan Vidatra,” pungkasnya. (adv)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Suci Surya Dewi

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close