Isu Terkini

Banjir Terparah “Kepung” Tenggarong, HMI Desak Pemkab Perbaiki Drainase

 

Banjir Terparah “Kepung” Tenggarong, HMI Desak Pemkab Perbaiki Drainase
Halimatu (Istimewa)

Akurasi.id, Kukar – Sejak pukul 4.00 Wita, banjir telah menggenangi rumah-rumah warga di Bougenville, Kelurahan Sukarame, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar). Meski air sudah surut, hingga kini banjir masih menyasar permukiman penduduk di kota mungil tersebut.

Banjir juga menggenangi sejumlah rumah warga di Tambak Rel, Jalan Pesut, Gunung Belah, Rapak Mahang, dan beberapa titik lainnya. Ketinggian air beragam. Di Tambak Rel, banjir mencapai sekira 1 meter.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kukar, Halimatu mengungkapkan, banjir yang melanda Tenggarong ini terparah dalam beberapa tahun terakhir. Buktinya, sebagian wilayah yang sebelumnya tidak terendam banjir, kini “diserang” banjir.

“Di Bougenville itu, baru kali ini lagi ada banjir. Ketinggian banjir sekitar selutut orang dewasa,” ungkap Halimatu, Ahad (9/6/19).

Selain disebabkan hujan yang mengguyur Tenggarong sejak tengah malam, banjir diduga karena air yang meluap di Waduk Panji. Hal itu diperparah saluran air di permukiman penduduk yang jarang diperbaiki.

“Saya melihatnya karena saluran atau drainase tidak beraturan. Makanya air banyak yang menggenangi jalan dan permukiman,” sebutnya.

Air justru tidak meluap di Sungai Mahakam dan anak-anak sungai di Tenggarong. Karenanya, Halimatu yakin banjir disebabkan drainase yang buruk.

“Di Sungai Tenggarong itu air tidak meluap. Air di sungai biasa saja. Enggak meluap. Artinya ini masalah drainase,” tegasnya.

Dia mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar memperhatikan dan memperbaiki semua drainase di Tenggarong. Selain itu, waduk yang dijadikan tempat penampungan air mesti dikeruk dan diperdalam.

“Waduk di Tenggarong ini sudah dangkal. Mungkin karena pengaruh tidak dikeruk. Hilangnya pohon-pohon di sekitar waduk juga mengakibatkan tanah dengan mudah terbawa banjir dan masuk ke waduk,” jelasnya.

 

Banjir Terparah “Kepung” Tenggarong, HMI Desak Pemkab Perbaiki Drainase
Banjir menggenangi sebagian besar pemukiman penduduk di Tenggarong. Banjir kali ini yang terparah dalam beberapa tahun terakhir. (Istimewa)

Sejauh ini dia melihat pemerintah telah mengevakuasi dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. Namun yang tak kalah penting, sebut dia, pemerintah perlu menyalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar warga.

“Mereka yang terjebak banjir itu pasti kesulitan mendapatkan bahan makanan. Pakaian mereka juga terendam banjir. Pemerintah harus segera memberikan bantuan,” imbuhnya. (*)

Penulis: Ufqil Mubin
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close