HeadlineIsu Terkini

Catat!! 78.908 Warga Terdampak Covid-19 di Samarinda Akan Kembali Terima Bansos Tahap Kedua

Jumlah Penerima Meningkat 2 Kali Lipat dari Tahap Pertama, Penyaluran Ditarget dalam Waktu Seminggu

Bansos Warga Terdampak Covid-19 di Samarinda
Sembako tahap kedua mulai dibagikan Pemkot Samarinda kepada warga terdampak Covid-19. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda  – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda kembali bergerak menyalurkan bantuan sosial tahap kedua bagi warga terdampak pandemi Covid-19. Akan ada sebanyak 78.908 warga terdampak Covid-19 di Samarinda yang akan kembali menerima bansos pada tahap kedua ini.

baca juga: 2 Hari Tak Terlihat, Seorang Laki-laki Ditemukan Membusuk di Dalam Rumah

Kepala Dinas Sosial Kota Samarinda, Ridwan Tassa menuturkan, bantuan berupa paket sembako ini mulai disalurkan sejak beberapa hari yang lalu. Penyerahan secara simbolis pun langsung dipimpin oleh Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, di Kelurahan Air Putih, Samarinda Ulu, Jumat (19/6/20).

“Kami menargetkan seluruh bantuan sudah tersalurkan dalam kurun waktu satu minggu. Soalnya pada tahap pertama kami menyelesaikannya dalam waktu satu minggu juga,” ucap Ridwan Tassa, saat diwawancarai, Jumat siang (19/6/20).

Ridwan menjelaskan, pelaksanaan bantuan sosial ini dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda, di mana peran Dinas Sosial di sini untuk mengumpulkan data masyarakat yang berhak menerima bantuan.

“Kami dibantu dengan Diskominfo untuk melakukan verifikasi data penerima bantuan. Jadi tidak ada lagi data yang saling tumpang tindih,” akunnya.

Berkaca dari bantuan sosial tahap pertama, ujar Ridwan, pihaknya sendiri telah melakukan evaluasi agar kekurangan dari program sebelumnya, tidak terulang lagi di tahap kedua ini. Salah satunya terkait pendataan warga yang berhak menerima bantuan.

Ridwan membeberkan, pada tahap pertama sendiri, jumlah masyarakat yang berhak menerima bantuan berjumlah 35 ribu orang. Namun, untuk tahap kedua ini jumlahnya bertambah menjadi 78.908 orang.

iklan-mahyunadi-MAJU-KUTIM-JAYA

“Iya bertambah dua kali lipat. Ini kan termasuk mahasiswa perantau yang tidak bisa pulang. Tentu akan kami bagikan kepada mereka semua,” imbuhnya.

Untuk penyaluran bantuannya sendiri, lanjut Ridwan, pihaknya masih memanfaatkan jasa ojek online (ojol) dalam mendistribusikan langsung ke rumah rumah warga penerima. “Kalau kemarin kan lebih didominasi satu perusahaan ojol. Tetapi Kali ini kami mencoba menjangkau semua perusahaan ojol,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks