Advetorial

Bantu Tangani Covid-19, Hetifah Bagikan Ribuan APD untuk Tenaga Medis di Kaltim dan Kaltara

hetifah
Tim Hetifah secara simbolis menyalurkan ribuan bantuan APD untuk membantu tenaga medis dalam menangani Covid-19 di Kaltim. (Dok Tim Hetifah Sjaifudian)

Akurasi.id, Samarinda – Meningkatnya pasien positif Covid-19 di sejumlah Rumah Sakit (RS) Rujukan di Kalimantan Timur (Kaltim), tentu membuat semua prihatin. Tidak terkecuali Hetifah Sjaifudian. Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim ini turut merasakan keprihatinan dan tergerak membantu menangani persoalan tersebut.

baca juga: Gelar Rapat DPR RI, Hetifah Minta Kemendikbud Perhatikan Siswa Vokasi Selama Pandemi

Sebagaimana diketahui, pasien positif Covid-19 di Kaltim hingga dengan Kamis, 28 Mei 2020, tercatat ada sebanyak 276 orang. Dengan pasien dinyatakan yang masih menjalani perawatan isolasi masih ada 151 orang. Sementara untuk pasien meninggal ada 3 orang.

Terkait dengan itu, Hetifah menyampaikan duka mendalamnya dengan tingginya kasus tersebut. Menurutnya, pandemi ini menuntut kesadaran semua pihak untuk saling melindungi satu sama lain. Dan untuk memutus rantai penyebarannya, yang tak kalah penting adalah menjaga garda terdepan penanganan pasien yaitu para tenaga medis.

“Dokter dan perawat menjadi aktor penting dalam penanganan pasien Covid-19. Dari banyaknya kasus Covid-19 yang meningkat di Kaltim, kita patut bersyukur terdapat 122 pasien yang sembuh,” tuturnya.

Selain itu, sebagai langkah nyata. Hetifah memberikan bantuan ribuan perlengkapan khusus bagi tenaga medis.

“Ada beberapa tahap pembagian. Untuk hari ini (Kamis) terdapat 2.460 alat pelindung diri (APD) berupa masker, baju hazmat, sepatu boots yang akan diberikan kepada Fakultas Kedoteran Universitas Mulawarman (FK Unmul) melalui dr. Ika Fikriah, M.Kes selaku dekan,” jelasnya.

Selanjutnya, menyusul 3.000 APD untuk 11 RS rujukan di Kaltim dan Kaltara yang akan di distribusikan melalui FK Unmul.

“Terkait bantuan ini, semoga dapat membantu tenaga medis dalam menangani  pasien Covid-19, dan jangan sampai mereka juga ikut tertular. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dr. Ika Fikriah, M.Kes yang telah banyak membantu dalam menyalurkan bantuan ini,” ucapnya.

Sementara itu, dr. Ika Fikriah, M.Kes selaku Dekan FK Unmul Samarinda menjelaskan, bahwa bantuan ini akan segera disalurkan ke RS rujukan di Kaltim dan Kaltara, serta untuk para mahasiswa FK Unmul yang sedang bertugas di RS.

“Kami mengucapkan terima kasih atas inisiasi dari Ibu Hetifah selaku Wakil Ketua Komisi X atas bantuan APD ini,” tambahnya

Sebelumnya, dilihat dari laman media sosial @hetifah, ibu dari empat anak perempuan ini juga telah memberikan bantuan ratusan APD untuk beberapa Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Puskemas, dan Puskesmas Pembantu daerah terpencil di Paser. Serta membagi ribuan masker dan paket sembako untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam menghadapi pandemi ini. (*)

Penulis: Pewarta
Editor: Dirhanuddin

Tags

Artikel Terkait

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close