KesehatanLifestyle

Begini Cara Memilih Gel Rambut untuk Pria

gel rambut pria
Pilih gel yang sesuai dengan kondisi rambut. (Ilustrasi/mybest.id)

Akurasi.id – Bagi pria-pria yang doyan menata rambut, gel atau wax tentu tidak ketinggalan. Dengan dua produk ini, setiap pria dapat menyesuaikan bentuk rambut sesuai yang diinginkan. Selanjutnya, kami akan membagi tips cara memilih gel rambut untuk pria.

baca juga: Begini Cara Ajarkan Anak Tentang Kesabaran

Pilih berdasarkan daya tahan dan kemudahan membersihkannya

Umumnya, gel rambut memang mampu mempertahankan gaya rambut Anda untuk jangka waktu lama. Meski begitu, setiap produk memiliki hold power atau daya tahan yang berbeda dalam mempertahankan gaya rambut Anda. Beberapa gel rambut juga ada yang lebih mudah dibersihkan. Maka dari itu, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya rambut Anda. Jika Anda ingin mempertahankan gaya rambut selama seharian, gunakanlah gel rambut dengan daya tahan yang tinggi. Di sisi lain, Anda juga bisa memilih gel yang daya tahannya tidak terlalu tinggi untuk gaya rambut kasual atau penggunaan harian.

Selanjutnya, apabila Anda ingin terlihat segar, pilihlah gel rambut dengan efek basah yang membuat rambut Anda terlihat basah berkilau. Hal yang tidak kalah penting, pastikan bahwa gel rambut pilihan Anda cukup mudah untuk dibersihkan dengan sampo, ya!

Sesuaikan tipenya dengan kondisi rambut dan tujuan pemakaian

Selanjutnya, Anda dapat memilih gel rambut yang sesuai dengan kondisi rambut dan keperluan Anda.

1. Tipe non-oil atau water-based, ideal untuk rambut tipis

Jika Anda menggunakan gel rambut yang terlalu padat untuk rambut dengan helaian tipis, tentu volume rambut Anda malah makin menipis. Karena itu, apabila kondisi rambut Anda tergolong tipis, pilihlah gel rambut non-oil atau water-based yang ringan dan tidak lengket di rambut.

Tipe ini juga direkomendasikan karena terasa ringan di rambut Anda. Hal tersebut membuatnya cocok untuk gaya rambut kasual atau penggunaan sehari-hari.

2. Tipe fast drying, cocok untuk Anda yang sering terburu-buru

Tergantung pada produknya, ada gel rambut yang bisa kering dengan cepat dan ada pula yang tidak. Jika Anda tidak ingin membuang banyak waktu untuk menata rambut, pilihlah tipe fast drying atau gel rambut dengan kecepatan mengering yang tinggi.

Meski begitu, berhati-hatilah menggunakannya karena bisa saja gel rambutnya kering lebih dahulu sebelum Anda selesai menata rambut. Jika hal tersebut terjadi, Anda akan kesulitan menata rambut sesuai keinginan. Karena itu, tipe ini lebih cocok untuk Anda yang sudah hafal dengan gaya rambut Anda sendiri dan mampu menatanya dengan cepat.

3. Tipe yang mengandung nutrisi, formula perlindungan, dan bebas zat aditif, untuk rambut lebih sehat

Untuk menghindari kerusakan rambut, pilihlah produk dengan kandungan asam amino atau bahan sejenis yang mampu melindungi rambut Anda dari panas berlebih. Hal tersebut cukup penting terutama bagi Anda yang sering menggunakan hair dryer.

Anda juga bisa memilih produk organik atau yang bebas bahan pewangi, pewarna, atau bahan aditif lainnya. Gel rambut tanpa kandungan aditif tidak akan membebani rambut dan kulit kepala Anda sehingga lebih aman, terutama untuk pemilik kulit sensitif. Hentikan penggunaan apabila kulit kepala Anda mengalami gatal-gatal. Jika keadaan tidak segera membaik, berkonsultasilah dengan dokter kepercayaan Anda.

4. Pilih berdasarkan aromanya

Hal yang tidak kalah penting adalah memilih aroma gel rambut harian yang sesuai selera Anda. Apabila Anda tidak menyukai aroma parfum, pilihlah produk tanpa pewangi. Ada pula produk gel rambut yang aromanya tidak terlalu kentara saat mengering sehingga tidak mengganggu Anda dan orang-orang di sekitar. Sayangnya, info mengenai aroma ini biasanya tidak dijelaskan secara detail oleh produsennya. Jadi, Anda bisa membaca review pengguna untuk mendapatkan informasi tambahan. (*)

Sumber: mybest.id
Editor: Yusva Alam

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close