HeadlinePolitik

Begini Tahapan Partai Demokrat Mengusung Calon di Pilkada

Begini Tahapan Partai Demokrat Mengusung Calon di Pilkada
Viktor Yuan. (Ufqil Mubin/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Di sela-sela rapat konsolidasi antara Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan dengan seluruh pengurus dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan cabang (DPC), Rabu (21/8/19) sore, mencuat isu tentang persiapan partai ini menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Kedatangan Hinca di XXI Samarinda Central Plaza dinilai Ketua DPC Partai Demokrat Samarinda, Viktor Yuan, sebagai penguat bagi kader-kader partainya menjelang pilkada.
Terlebih, tahapan kontestasi lima tahunan di daerah tersebut akan segera diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pun demikian, Partai Demokrat telah menyiapkan sejumlah bakal calon yang akan diusung di pilkada. “Selesai semua pelantikan DPRD, baru nanti kita akan konsentrasi ke rekomendasi pilkada,” ungkapnya.

Setelah konsolidasi yang berlangsung tiga jam tersebut, Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, Syaharie Jaang, menyinggung perihal isu yang beredar di publik bahwa partainya akan mengusung mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Zairin Zain.

Kabarnya, Zairin telah berkomunikasi dengan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat terkait pencalonannya sebagai calon wali kota Samarinda. Hanya saja, Jaang mengaku belum menerima informasi itu secara resmi.

“Bagus saja [kalau beliau dicalonkan Partai Demokrat]. Siapapun kan boleh [diusung]. Nanti kita akan lihat siapa yang akan direkomendasikan,” ucapnya.

Begini Tahapan Partai Demokrat Mengusung Calon di Pilkada
Syaharie Jaang. (Ufqil Mubin/Akurasi.id)

Kata dia, penerbitan surat rekomendasi calon di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Samarinda sejatinya bersamaan dengan jadwal tahapan yang disampaikan KPU. Setelah jadwal itu ditetapkan penyelenggara pemilu, Partai Demokrat akan menerbitkan peraturan organisasi (PO).

“Dalam waktu dekat ini kita akan mengadakan ulang tahun. Biasanya nanti akan diumumkan. Kita akan umumkan aturan mainnya,” jelas Jaang.

Setelah PO disampaikan kepada publik, Partai Demokrat akan membentuk tim. Tim ini berjumlah sembilan orang. Detailnya, masing-masing tiga orang dari DPP, DPD, dan DPC.

“Yang jelas penanggung jawab di daerah itu ketua DPD,” katanya. (*)

Penulis/Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)
Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close