DPRD Kaltim

Berantas Peredaran Narkoba, Dewan Siap Dukung Pendanaan BNNP Kaltim

peredaran narkoba
(Tengah, baju kotak) Ketua Komisi IV DPRD Kaltim berfoto bersama dengan rombongan BNNP Kaltim. (Dok DPRD Kaltim)

Akurasi.id, Samarinda – Upaya pencegahan dan pemberantasan terhadap peredaran gelap narkoba turut mendapatkan perhatian dari DPRD Kaltim. Bentuk perhatian itu di antaranya, dengan mengupayakan mendukung anggaran penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim.

Baca Juga: Dianggap Tak Penuhi Syarat, Pimpinan Dewan Stop Interpelasi Soal Sekprov Kaltim (2-habis)

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub mengatakan, dirinya sudah meminta agar BNNP Kaltim segera menyampaikan program kerja penanggulangan narkoba yang mereka lakukan. Dari situ, dia akan mengusulkan agar BNNP Kaltim mendapatkan bantuan anggaran di APBD.

“Saya sudah minta, agar BNNP Kaltim menyampaikan rincian kegiatannya. Nanti kami akan melihat, mana yang bisa dewan bantu anggarkan. Nanti akan mendorong supaya BNNP mendapatkan bantuan anggaran,” katanya.

Logo dprd KaltimSelain itu, dukungan bagi BNNP Kaltim, dapat juga berupa kerja sama program dengan instansi pemerintah. Misalnya, kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah, BNNP Kaltim dapat menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

“Makanya, kami akan meminta agar BNNP Kaltim memaparkan program kerja yang mereka miliki kepada DPRD. Mana yang bisa masuk dalam penganggaran, maka itu akan kami dorong agar dapat dianggarkan di APBD,” tuturnya.

Politikus Partai PPP ini menyampaikan, mendukung berbagai upaya pencegahan, penanggulangan, dan pemberantasan narkoba oleh BNNP Kaltim, memang sudah seharusnya mendapatkan dukungan dari semua stakeholder, tidak terkecuali dari DPRD Kaltim.

Apalagi lanjut dia, berdasarkan data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Universitas Indonesia, tahun ini, Kaltim masuk dalam urutan keempat daerah dengan peredaran narkoba tertinggi secara nasional. Sedangkan, berdasarkan data prevalensi atau kecenderungan penyalahgunaan narkotika, tertinggi ditempati oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Makanya, memang sudah sewajarnya kita semua mendukung berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba yang dilakukan BNNP Kaltim. Karena peredaran narkoba di Indonesia dan Kaltim sudah cukup menghawatirkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono selepas bertemu Komisi III DPRD Kaltim menyampaikan, upaya yang paling baik dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba adalah melalui upaya pencegahan. Baik itu pencegahan primer, sekunder maupun tertier.

“Pencegahan itu seperti penyuluhan tentang bahaya narkoba, penerangan melalui berbagai media tentang bahaya narkoba, serta pendidikan tentang pengetahuan narkoba dan bahayanya,” jelas dia. (*)

Penulis: Muhammad Aris
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Artikel Terkait

Lihat Juga
Close
Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks