Hard NewsHeadline

Beredar Kabar Pendatang dari Luar Bontang Bakal Diisolasi di Rusunawa Guntung, Begini Penjelasan Pemerintah

RUSUNAWA GUNTUNG
Kabar hoaks yang meresahkan warganet. (Istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Di tengah wabah covid-19 kabar hoaks kembali berseliweran di dunia maya. Kali ini sebuah kabar yang beredar ditujukan kepada warga yang akan melakukan perjalanan dari luar daerah menuju Bontang. Setiap warga yang datang bakal dilakukan screening dan isolasi. Tak ayal, kabar inipun meresahkan warganet di jagat media sosial.

baca juga: BREAKING NEWS: Tambahan 6 Pasien Positif Corona Semua Berasal dari Balikpapan

Berdasarkan pelacakan atas informasi itu oleh Akurasi.id, didapatkan pesan itu bertuliskan, “Info untuk teman-teman yang mau bepergian dari Samarinda ke Bontang: Tepat di Simpang Sangatta sebelum pertigaan menuju Bontang, ada screening crew yang siap mengalokasikan semua warga yang melintas menuju Bontang untuk diarak menuju Rusunawa Guntung untuk menjalani proses isolasi.

Jadi, singkatnya, sesuai protokol, tidak ada warga dari luar Bontang yang lepas dari proses screening dan sudah pasti akan langsung dibawa menuju lokasi isolasi. Proses isolasi dilakukan demi stabilisasi dan sterilisasi wilayah Kota Bontang. Hal tersebut dijalankan demi keselamatan Bersama.” Begitu isi pesan tersebut.

Warganet pun menjadi penasaran terhadap kebenaran pesan tersebut. Salah satunya Rizky Apriadi Gommo, salah seorang warga Bontang yang saat ini berdomisili di luar daerah. Dalam laman facebook nya ia menanyakan kevalidan kabar itu.

“Izin gan mau bertanya ini hoaks apa tidak yah? Jika emang valid saya mau nanya, kita yang perantau seperti apa yah karena jika kami pulang ke Bontang pasti dekat-dekat lebaran. Sehari sebelum lebaran jika kami diisolasi dulu, kira-kira isolasi nya berapa hari yah? Berarti kesempatan kami untuk merayakan hari raya bersama keluarga pasti akan terancam juga. Ambil positifnya yah gan saya hanya bertanya, semoga badai covid-19 ini segera lengser dari bumi pertiwi,” tulisnya dalam status Facebook yang diposting, Sabtu (28/03/2020).

Redaksi Akurasi.id pun mencoba mengonfirmasi keabsahan berita tersebut kepada Ketua Gugus Penanganan Covid-19 tingkat Kota Bontang, Aji Erlynawati. Lewat media ini, Aji pun membantah kabar yang menyesatkan itu.

“Ndak benar itu. Belum ada laporan masuk ke saya terkait kegiatan screening di Simpang Pertigaan Sangatta,” ujarnya saat dihubungi via telepon.

iklan-mahyunadi-MAJU-KUTIM-JAYA

Dijelaskannya, kalaupun ada kegiatan apapun terkait penanganan covid-19 pasti dirinya mengetahuinya. Bahkan Rusunawa Guntung yang disebutkan dalam kabar itu juga tidak benar sudah dijadikan tempat isolasi. Melainkan saat ini, kondisi Rusunawa Guntung masih dalam tahap persiapan, apabila sewaktu-waktu pasien corona semakin membludak.

Sambung dia, kondisi rusunawa masih dibersihkan. Juga proses bersurat kepada kelurahan setempat. Jadi, aktivitas isolasi belum dimulai. “Yang buat kabar itu pasti ngelantur. Kebanyakan di dalam rumah,” canda wanita yang menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang ini. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Dirhanuddin



Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close