Hard NewsHukum

Berkali-kali Mencuri di Ramayana Akhirnya Tertangkap, Begini Modusnya

Berkali-kali Mencuri di Ramayana Akhirnya Tertangkap, Begini Modusnya
Pelaku ME beserta Barang bukti pakaian yang dicuri (ist)

Akurasi.id, Bontang – Sepandai-pandai tupai melompat, sekali waktu akan jatuh jua. Begitulah peribahasa yang tepat disematkan pada pencuri pakaian di Ramayana Bontang yang terjadi pada Minggu (12/7/20) lalu.

baca juga: Pasien Covid-19 Meninggal di Samarinda Dibawa ke Kalsel, Jaang: Sudah Saya Tahu, Itu Warga Luar

Dialah pria bertubuh tambun berinisial ME (34). Mengenakan kaos merah muda, ME hanya pasrah tertunduk lesu saat polisi membekuknya di tempat perbelanjaan di Jalan MH Thamrin, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.

Kali ini Polres Bontang berhasil mengamankan pelaku pencurian pakaian melalui Unit Reskrim Polsek Bontang Utara bersama Tim Rajawali Polres Bontang. Rupanya, sebelumnya ME sudah sering melancarkan aksinya di Ramayana namun tidak ketahuan.

Modusnya, pelaku awalnya membeli 1 jenis barang saja. Setelah membayar ke kasir, dengan bermodalkan bukti pembayaran kemudian ME pindah tempat lain dari lantai dasar ke lantai 2. ME menuju ke tempat pakaian dan memasukkan beberapa lembar pakaian ke dalam tas belanjaannya.

Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena melalui Kapolsek Bontang Utara AKP H Eko Wahyono saat dihubungi media ini membenarkan anggotanya telah mengamankan seorang laki-laki yang diduga sebagai pelaku pencurian pakaian di Ramayana.

AKP Eko menjelaskan, pada Minggu sekira pukul 15.30 Wita, pelaku datang ke Ramayana Bontang dan langsung melihat-lihat pakaian di lantai 2. Kemudian pelaku pindah ke lantai dasar untuk membeli sepatu. Selanjutnya ME pergi ke kasir untuk membayar sepatu tersebut.

Setelah membayar di kasir, pelaku naik ke lantai 2 lagi dengan membawa barang belanjaannya. Setibanya di lantai 2, ME langsung mengambil pakaian berupa 1 lembar kemeja dan 1 lembar celana panjang yang  kemudian dimasukkan ke dalam tas belanjaan dan langsung pulang.

“Pengakuan pelaku, perbuatan itu sudah sering kali dilakukan dengan cara yang sama,” jelas AKP Eko.

Dijelaskan AKP Eko, pelaku merupakan warga Kp Sukamanah RT 16, Desa Sukadiri, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang. Namun kesehariannya berdomisili di Jalan S Parman RT 3, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat.

Akibat perbuatan pelaku, PT Ramayana Lestari Sentosa mengalami kerugian materiel Rp6.422.000. Saat ini pelaku dan barang bukti berupa 4 potong baju kemeja lengan panjang dan 8 potong celana panjang di Polsek Bontang Utara guna menjalani proses penyidikan.

“Terhadap pelaku, penyidik menjerat dengan Pasal 362 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” pungkasnya. (*)

Penulis/Editor: Suci Surya Dewi

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close