Pemkot Bontang

Bicarakan Syarat Pencairan DAK, Neni Ditemui Perwakilan Kemenkeu

Bicarakan Syarat Pencairan DAK, Neni Ditemui Perwakilan Kemenkeu
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menerima hasil evaluasi DAK Bontang dari Kepala Kanwil Ditjen Pembendaharaan Kaltim Midden Sihombing. (Herman Baakel/Humas Pemkot Bontang)

Akurasi.id, Bontang – Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menyambut kedatangan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil Ditjen) Perbendaharaan Kaltim beserta jajarannya, Kamis (18/7/19).

Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Bumi Mulawarman itu mengunjungi Kota Taman dalam rangka membicarakan pencairan dan evaluasi dana alokasi khusus (DAK) yang diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang.

Neni mengatakan, Ditjen Perbendaharaan menyampaikan kepadanya perihal syarat administratif untuk mencairkan DAK semester pertama.

“Kami [mendapatkan] sisa Rp 3 miliar. Insyaallah segera cair karena sedang dipersiapkan,” jelasnya.

Saat ini, pencairan DAK harus tepat waktu. Kata dia, Pemkot Bontang menyampaikan syarat-syarat pencairan dana itu sesuai jadwal. “Terakhir tanggal 22 Juli. Kalau terlambat, Bontang yang rugi,” ujarnya.

Dia mengingatkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang mendapatkan DAK agar segera mengurus administrasi pencairan. Terkait DAK, pemkot akan mengusulkan sebanyak-banyaknya kepada Kemenkeu.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kaltim, Midden Sihombing, mengatakan, syarat pencairan DAK akan dibahas di OPD yang menerima dana tersebut.

“Saya laporkan ke Ibu Wali Kota, untuk Pemkot Bontang, pencairan DAK sudah bagus. Di semester pertama sudah 15 persen. Dari seharusnya 25 persen,” terangnya.

Midden menyebut, hari terakhir pencairan DAK jatuh pada Senin (22/7/19). Karenanya, dia mengimbau kepada OPD supaya segera mengusulkannya. Ia meyakini Pemkot Bontang menyanggupi pemenuhan syarat pencairan DAK.

“Senin itu terakhir pemenuhan persyaratan melalui aplikasi SPAN. Tak perlu ke Samarinda. Pencairannya bisa setelahnya,” beber dia. (*)

Penulis: Ayu
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close