Birokrasi

Antisipasi Kebakaran di BK, Agus Haris: Kami Usulkan Fire House

Antisipasi Kebakaran di BK, Agus Haris: Kami Usulkan Fire House
Agus Haris Wakil Ketua II DPRD Bontang. (Ist)

Akurasi.id, Bontang – Belum lama ini amukan si jago merah (kebakaran) yang terjadi di tempat wisata Bontang Kuala (BK). Tepatnya di Jalan Sahasa 4 dan 5, meliputi RT 5, RT 6, dan RT 7 membuat kerugian yang cukup besar. Sekira 11 rumah yang terkena kobaran api pada Selasa malam (13/10/20) lalu.

Baca juga: Wakil Rakyat Hadiri Demo, Andi Faiz: DPRD Bontang Menolak Tegas Omnibus Law

Lurah Bontang Kuala Rony Apriansyah  menjelaskan, pemicu kebakaran hingga saat ini masih belum dapat diketahui penyebabnya.

“Data sementara yang kami dapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang, terdapat 7 rumah warga yang juga difasilitasi untuk usaha terkena dampak yang cukup parah.

Setidaknya 21 kepala keluarga dan 59 jiwa kehilangan tempat tinggal”. Kata Rony dihadapan media di posko kebakaran BK, Jalan batu Sahasa 4, Rabu (14/10/20) lalu.

Di posko yang sama, Agus Haris selaku Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang mengatakan untuk akses jalan masuk yang sulit dijangkau. Mengakibatkan petugas pemadam kebakaran mengalami kendala, hingga dengan cepat api merambat ke rumah lainnya.

Antisipasi Kebakaran di BK, Agus Haris: Kami Usulkan Fire House
Kondisi rumah warga Bontang Kuala pasca kebakaran. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Dari kejadian musibah ini, Agus Haris juga membeberkan bahwa sejak awal  warga Bontang Kuala sudah meminta kepada DPRD agar segera membangun jalan semen untuk akses ke wilayah setempat.

“Jadi untuk mengurangi permasalahan di BK ini, kalau mau didesain ulang untuk akses masuk. Karena memang ada permintaan warga untuk segera di semen akses jalannya,” terangnya.

Terkait permintaan warga tersebut, Agus mngatakan bahwa hal ini membutuhkan proses dari persetujuan warga karena ini dapat mengubah ciri khas dari Bontang Kuala itu sendiri.

Kemudian Agus Haris pun mengusulkan  untuk meminimalisir dampak dari kebakaran dengan pengadaan fire house dibeberapa titik tertentu.

“Secepatnya kami dari DPRD untuk pengadaan di beberapa titik pompa untuk 11 RT di Bontang Kuala, saya selaku Wakil Ketua DPRD secara pribadi meminta kepada Lurah Bontang Kuala untuk pengadaan tahun 2021 mendatang.

Bilamana hal seperti ini terjadi lagi bisa segera diatasi untuk mengatasi seandainya akses jalan sulit dijangkah sehingga tidak banyak korban yang terdampak,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks