Birokrasi

Wali Kota Samarinda Instruksikan OPD Bersinergi Jelang Lebaran, Fokus Antisipasi Kerumunan Masyarakat

 

Wali Kota Samarinda Instruksikan OPD Bersinergi Jelang Lebaran, Fokus Antisipasi Kerumunan Masyarakat
Wali Kota Samarinda Andi Harun saat diwawancarai awak media. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Wali Kota Samarinda Instruksikan OPD Bersinergi Jelang Lebaran, Fokus Antisipasi Kerumunan Masyarakat. Andi Harun tidak ingin, suasana libur lebaran atau Idulfitri yang penuh barokah berubah menjadi musibah dengan adanya ledakan kasus Covid-19 di Samarinda.

Akurasi.id, Samarinda – Upaya antisipasi dini diambil Wali Kota Samarinda Andi Harun dalam mencegah adanya kerumunan menjelang perayaan Idulfitri atau libur lebaran. Terutama pasca beredar video yang memperlihatkan keramaian masyarakat di salah satu tempat berbelanjaan di Samarinda belum lama ini.

Perihal hal itu, secara khusus Andi Harun menginstruksikan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar mengambil langkah-langkah antisipasi. Karena Andi Harun tidak ingin akibat perayaan Idulfitri yang berlebihan berimbas pada adanya ledakan kasus Covid-19.

“Belajar dari keadaan tersebut, maka saya minta Kadisdag, kepala Satpol PP, Dishub, Camat dan Lurah untuk membentuk posko terpadu di Pasar Segiri, Pasar Pagi, Pasar Sungai Dama, Pasar Rahmat, dan pasar lain yang biasa ramai pengunjung,” serunya, Senin (4/5/2021).

Politikus kawakan Partai Gerindra ini, juga memberi fokus kepada beberapa hal, yaitu terkait parkir kendaraan, penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, dan kesejahteraan personel yang bertugas di lapangan.

“Sejak pintu masuk hingga aktivitas dalam pasar, tim harus memotivasi atau mengampanyekan pentingnya 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), termasuk membantu mengurai kerumunan bagi penggunjung dan pedagang,” imbaunya.

“Tetapkan penanggungjawab posko dan personelnya masing-masing. Tentukan SOP setiap posko, pengendalian, dan pengawasan. Bila dipandang perlu ditetapkan insentif bagi pelaksana operasi. Bila sudah selesai rencana operasi (renops), personilnya, dan RAB-nya, diajukan ke Satgas Covid-19,” tambahnya.

Baca Juga  Pemuda yang Loncat dari Jembatan Mahkota II Ditemukan, Jasad Korban Dibawa ke Palopo

Dalam instruksi wali kota Samarinda, kepadatan kendaraan akan diurai, khususnya di kawasan yang menjadi langganan kemacetan.

“Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP akan melakukan pengaturan lalu lintas jalan-jalan dalam kota, serta ruas jalan lain yang kerap menjadi kawasan macet untuk juga dilakukan pengaturan kerumunan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,” jelasnya.

Tak hanya itu, Andi Harun juga meginstruksikan Diskominfo Samarinda, untuk gencar menginformasikan terkait penggalangan kampanye, supaya masyarakat menghindari tempat-tempat yang berpotensi mengundang kerumunan, baik saat jelang dan pasca Idulfitri 1442 Hijriah.

“Tingkatkan intensitas kampanye 3M dan bahaya penyebaran Covid-19 di media-media cetak dan elekteonik, termasuk media sosial serta media luar ruang. Setelah hari ini selesai, Insyaallah besok kami akan rapat koordinasi di Balai Kota Samarinda,” ucapnya.

Baca Juga  Idulfitri 1442 Hijriah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Tutup Layanan 13 Hingga 16 Mei 2021

Dia juga mengajak semua pihak memperkuat sinergi. Serta mempertahankan capaian penanggulangan Covid-19 Samarinda. Terutama menjelang dan pasca lebaran Idulfitri.

“Terimakasih atas etos kerja pro aktif semua pihak. Di samping ini tugas mulia kita, Insyaallah juga akan bernilai ibadah, karena untuk kepentingan keselamatan dan kesehatan warga Kota Samarinda,” tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks