Birokrasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Gelar Lomba Bertutur Tingkat Kota

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Gelar Lomba Bertutur Tingkat Kota
Lomba bertutur bagi siswa maupun siswi Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiah tingkat Kota Bontang tahun 2021 di gedung DPK Bontang. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang gelar lomba bertutur tingkat kota. Jumlah peserta lomba bertutur tahun ini sebanyak 31 peserta, dari 19 sekolah.

Akurasi.id, Bontang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang mengadakan lomba bertutur bagi siswa maupun siswi Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiah tingkat Kota Bontang tahun 2021. Lomba ini diadakan selama dua hari, yakni Selasa (6/4/2021) dan Rabu (7/4/2021).

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti menyebutkan, kegiatan seperti ini sangat diperlukan dalam membantu perkembangan kecerdasan anak. Dukungan dari keluarga juga menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk kebiasaan anak membaca.

Jumlah peserta lomba bertutur tahun ini sebanyak 31 peserta, dari 19 sekolah dasar baik negeri maupun swasta. Selain itu, dewan juri yang dihadirkan sebanyak 5 orang dari berbagai latar belakang, mulai dari pendongeng, guru, jurnalis, dan psikologi.

“Lomba bertutur ini tidak lepas dari persoalan rendahnya minat baca pada anak saat ini, sehingga perlu motivasi untuk lebih sering dan intensif mengunjungi perpustakaan dan membaca. Dengan adanya perpustakaan juga dapat menyajikan informasi yang menarik serta dapat dinikmati secara gratis,” ucap Retno saat menyampaikan sambutan di kegiatan lomba tutur, Selasa (6/4/2021).

Dia juga menyebutkan, lomba bertutur ini merupakan lomba rutin setiap tahun, nantinya akan diambil satu orang sebagai pemenang sekaligus mewakili Bontang untuk lomba bertutur di tingkat provinsi.

“Semoga di tingkat provinsi kelak bisa menang dan mewakili Kaltim di lomba nasional di tahun ini,” harapnya.

Baca Juga  Samarinda Peduli Banjir NTT, Pemkot Galang Dana, Terkumpul Rp107 Juta dan 1 Ton Pakaian

Walau di kondisi pandemi Covid-19, Retno berpesan untuk seluruh peserta baik dari pihak sekolah, maupun anak untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan. Sehingga kegiatan lomba bertutur ini bisa berjalan dengan baik.

Retno juga menjelaskan, tujuan diadakan lomba bertutur ini untuk meningkatkan semangat berliterasi pada anak sekolah dasar khususnya di bidang membaca.

“Dengan bertutur ini diharapkan budaya membaca di tingkat Sekolah Dasar semakin berkembang,” pungkasnya.

Diketahui, 19 sekolah yang mengikuti lomba tutur ini yakni, SDN 004 Bontang Barat, SD Bintang,  SD Cahaya Fikri, SD IT Yabis, SD Galilea Bontang, SDN 001 Bontang Selatan, SD YPK 2 Bontang Barat, SD YPVDP, SD Muhammadiyah Kreatif 2, SD 1 YPK, SDN 010 Bontang Utara, SDN 003 Bontang Utara, SDN 001 BONTANG Utara, SDN 005 BONTANG Utara, SDN 006 BONTANG Utara, SDN 009 Bontang Utara, SDN 002 Bontang Barat, SD Advent Bontang, dan SD Betlehem. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks