Birokrasi

DPK Bontang Usulkan 10 Sekolah Dapat Akreditasi Perpustakaan

DPK Bontang Usulkan 10 Sekolah Dapat Akreditasi Perpustakaan
Kunjungan sekaligus pembinaan akreditasi perpustakaan sekolah di SDN 001 Bontang Utara. (Dok DPK Bontang)

DPK Bontang usulkan 10 sekolah dapat akreditasi perpustakaan. Sekolah sejauh ini sudah mencapai 60 hingga 70 persen persiapan.

Akurasi.id, Bontang – Di tahun 2021 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang mengusulkan sebanyak 10 sekolah negeri untuk mendapatkan akreditasi pada perpustakaan sekolah.

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Usman menyebutkan, selama 2 pekan ini, pihaknya selaku perpustakaan daerah melakukan kunjungan sekaligus pembinaan untuk 10 sekolah baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kali ini kami mengusulkan 10 sekolah untuk dilakukan akreditasi perpustakaannya oleh DPK Kaltim, tugas kami di perpustakaan daerah selaku memberikan binaan langsung dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang akan diakreditasi perpustakaannya dengan menurunkan teman-teman dari perpustakaan didampingi oleh pustakawan,” jelas Usman saat ditemui media ini, Sabtu (17/4/2021).

Dia juga menyebutkan, di tahun 2021 ini, pihaknya sudah memiliki pustakawan sebanyak 4 orang, sehingga proses persiapan akreditasi di sekolah-sekolah terkait dapat dengan cepat terselesaikan.

“Pustakawan ini memberikan masukan ke sekolah-sekolah mulai dari layout, penyusunan, termasuk pemasangan aplikasi dan lain-lain,” jelas Usman.

Sehingga lanjut Usman, sekolah-sekolah tersebut sejauh ini sudah mencapai 60 hingga 70 persen persiapan, ini lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga  Idulfitri 1442 Hijriah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Tutup Layanan 13 Hingga 16 Mei 2021

“Alhamdulillah dari kunjungan kami, rata-rata persiapan sekolah sudah 60 hingga 70 persen, batas persiapan untuk akreditasi ini hingga 20 April 2021,” bebernya.

Saat mengadakan kunjungan sekaligus pembinaan tersebut, pihak DPK juga melakukan instalasi aplikasi yang sama dengan sistem yang digunakan oleh perpustakaan di DPK, dengan begitu buku-buku yang DPK miliki maupun di sekolah sama.

“Teman-teman kami dari tim IT yang memasang kan aplikasi tersebut bertujuan untuk menambah koleksi buku yang ada di sekolah. Sehingga harapannya dengan menambah jumlah koleksi yang cukup, akreditasi yang didapatkan sekolah tersebut bisa lebih baik, kami berharap bisa B atau lebih baik A,” pungkas Usman.

Diketahui 10 sekolah yang diusulkan oleh DPK untuk mendapatkan akreditasi di perpustakaannya yakni SMPN 2 Bontang, SMPN 6 Bontang, SDN 001 Bontang Selatan, SDN 006 Bontang Selatan, SDN 009 Bontang Selatan, SDN 011 Bontang Selatan, SDN 001 Bontang Utara, SDN 008 Bontang Utara, SDN 004 Bontang Barat, dan SDN 002 Bontang Selatan. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Rachman Wahid

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks