Birokrasi

DPMPTSP Kaltim Inovatif, Korsupgah KPK Apresiasi Penerapan Aplikasi Perizinan E-PTSP

DPMPTSP Kaltim Inovatif, Korsupgah KPK Apresiasi Penerapan Aplikasi Perizinan E-PTSP
Direktorat Korsupgah KPK wilayah IV, mengapresiasi progres pelaksanaan aplikasi perizinan E- PTSP dalam kegiatan Audiensi dengan DPMPTSP Kaltim, Rabu (31/3/2021). (istimewa)

DPMPTSP Kaltim inovatif, Korsupgah KPK apresiasi penerapan aplikasi perizinan E-PTSP. KPK mendukung pelayanan perizinan berbasis aplikasi.

Akurasi.id, Bontang – Direktorat Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) wilayah IV, mengapresiasi progres pelaksanaan aplikasi perizinan E- PTSP dalam audiensi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim, Rabu (31/3/2021).

Hal tersebut disampaikan Andy Purwana dan Tri Haryati, selaku Koordinator Korsupgah KPK Wilayah IV, di mana area kerja meliputi Sulawesi dan Kaltimtara.

Andy Purwana menyampaikan, audiensi dengan DPMPTSP Kaltim adalah bagian penting dari rangkaian kunjungan Pimpinan KPK Nurul Ghufron pada pekan ini dengan Pemprov Kaltim, serta menegaskan bahwa pelayanan perizinan adalah bagian penting dari wajah pelayanan publik pemerintah.

“Untuk itu Korsupgah KPK mendukung pelayanan perizinan berbasis aplikasi ini,  dalam rangka pencegahan tindak pindana korupsi dan maladministrasi lainnya,” jelas andy.

Korsupgah KPK memaparkan, indeks capaian target Monitoring Centre For Prevention (MCP) untuk Kaltim masih di bawah rerata sebesar 54 persen. Dengan adanya penerapan aplikasi perizinan E-PTSP, Korsupgah KPK berkeyakinan bisa menaikkan indeks MCP Provinsi Kaltim pada 2021 di atas 70 persen.

“Aplikasi E-PTSP ini keren. Kalau begini, di 2021 bisa di atas 70 persen indeks MCP Kaltim. Semoga bisa tercapai. Kami tunggu undangan pak kepala dinas untuk launchingnya,” ujar Andy usai menyimak simulasi penggunaan aplikasi perizinan E-PTSP.

Terpisah, Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto mengucapkan terima kasih atas kunjungan Korsupgah KPK. Puguh menyampaikan, sejumlah progres yang sedang menjadi fokus DPMPTSP Kaltim, yakni revitalisasi dan penyempurnaan sejumlah insfrastruktur pelayanan perizinan di mana salah satunya penerapan Aplikasi Perizinan E-PTSP.

Baca Juga  Idulfitri 1442 Hijriah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Tutup Layanan 13 Hingga 16 Mei 2021

“Terima kasih pak Andy Purwana dan bu Tri Haryati dari Direkrorat Korsupgah KPK wilayah IV atas dukungannya. Kami fokus tahun 2021 MCP Provinsi Kaltim semoga bisa meningkat di atas 70 persen,” jelas Puguh Harjanto.

Puguh menambahkan, E-PTSP merupakan langkah menuju era digitalisasi terutama di masa pandemi yang belum diketahui akhirnya. Sebagai konsekuensi era digitalisasi, adanya keterbukaan informasi publik sangat penting dan tidak bisa dihindari, terutama komitmen dalam pengelolaan dan pelayanan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pejabat eselon III dan eselon IV di lingkungan DPMPTSP Kaltim. (*)

Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks