Birokrasi

Gerak Cepat Usai Dilantik, Andi Harun-Rusmadi Fokus Program Prioritas, RT Dikucur hingga Rp300 Juta

Andi Harun-Rusmadi usai dilantik menjadi wali kota dan wakil wali kota Samarinda. (Istimewa)

Gerak cepat usai dilantik, Andi Harun-Rusmadi fokus program prioritas, RT dikucur hingga Rp300 juta. Sebagaimana janji politiknya, Andi Harun-Rusmadi fokus program prioritas berupa mengucurkan dana Rp300 juta per RT untuk mendorong pemerataan pembangunan.

Akurasi.id, Samarinda – Usai dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda di Rumah Jabatan (Rujab) Jalan S Parman, Jumat (26/2/2021), Andi Harun-Rusmadi fokus memulai program 100 hari terhitung sejak dilantik. Sebanyak 5 program prioritas yang akan dilaksanakan ke 100 hari ke depan, sesuai dengan janji visi misi Andi Harun-Rusmadi saat berkampanye.

“Kami sudah berkoordinasi kepada OPD dan asisten terkait program 100 hari kerja, kami akan konsisten untuk menjalankan semua program dan visi – misi kami,” jelas Andi Harun usai pelantikan, Jumat (26/2/2021) lalu.

Andi Harun mengakui telah memberikan arahan kepada Pemerintah Kota Samarinda dan OPD dalam sinkronisasi program 100 hari kerja mereka. “Alhamdulillah OPD sangat responsif dan tanggap dalam mempersiapkannya,” terangnya.

Ke depan, Andi Harun pun mengungkapkan memiliki program bernama “Sapa”. Dengan Sapa, diharapkan interaksi pemerintah dan masyarakat berjalan harmonis. “Di masa pemerintahan saya dan Pak Rusmadi, kami ingin adanya keterbukaan,  masyarakat bisa melihat progres kerja kami di situs resmi Pemkot, jadi masyarakat bisa memantau kinerja kami,” ungkapnya.

“Saya juga sudah menunjuk Pak Rusmadi untuk mempersiapkan seluruh program awal kami agar dapat cepat terselesaikan, dan berbiaya murah agar dirasakan seluruh masyarakat Samarinda,” tambahnya.

Sementara itu Rusmadi Wongso menerangkan, 5 program prioritas di masa 100 hari kerjanya bersama Andi Harun antara lain terkait penanganan Covid-19 di Samarinda. “Terkait penanganan Covid-19 di Samarinda, akan ada yang kami revisi,” jelas Rusmadi.

Selain itu program lainnya, seperti kebersihan kota dari sampah, penataan parkir liar, penataan pedagang kaki lima,  dan penanganan Banjir yang menjadi permasalahan klasik dari tahun ke tahun. “Soal banjir jangan diartikan selesai dalam 100 hari, tapi dari 100 hari ini kami berupaya akan mengurangi kawasan banjir dan waktunya,” bebernya.

Baca Juga  DPK Bontang Usulkan 10 Sekolah Dapat Akreditasi Perpustakaan

Lebih lanjut, Ia menjelaskan program terakhir yang merupakan prioritas Andi Harun-Rusmadi di masa kampanye, yaitu program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Rp100 juta sampai Rp300 juta per RT atau disebut dengan program “Pro Berbaya”.

“Program Pro Berbaya, rencana akan direalisasikan pada tahun depan, saat ini kami masih menyusun dasar hukumnya. Insyaallah akan kita ajukan di APBD Murni tahun depan, namun di APBD perubahan kita akan kejar, untuk melayani beberapa RT terpilih,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks