Birokrasi

Isran-Hadi Penuhi Komitmen Perkuat Ekonomi Maritim, Salurkan 2.000 Benih Kerapu dan 3 Ton Bibit Rumput Laut

Isran-Hadi Penuhi Komitmen Perkuat Ekonomi Maritim, Salurkan 2.000 Benih Kerapu dan 3 Ton Bibit Rumput Laut
Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Isran Noor-Hadi Mulyadi saat bertandang ke Kota Bontang. (Fajri/Akurasi.id)

Isran-Hadi Penuhi Komitmen Perkuat Ekonomi Maritim, Salurkan 2.000 Benih Kerapu dan 3 Ton Bibit Rumput Laut. Itu hanya menjadi sebagian dari bantuan yang diberikan Pemprov Kaltim kepada 3 Pokdakan di Kota Bontang.

Akurasi.id, Bontang – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Bontang patut berbahagia. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur baru saja menyalurkan bantuan berupa alat tangkap ikan serta bibit dan benih untuk budidaya kelautan.

Penyaluran bantuan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor yang didampingi wakilnya, Hadi Mulyadi, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau, Bontang Utara, Kamis (24/06/2021).

“Ini kami lakukan sebagai upaya memperkuat ekonomi berbasis kemaritiman,” kata Isran.

Pun terdapat tiga pokdakan yang mendapat bantuan itu. Mereka yakni Pokdakan Nelayan Bersama, Pokdakan Beras Basah, dan Pokdakan Tihi-tihi. Masing-masing pokdakan mendapat bantuan dengan kuantitas berbeda. Popdakan neyalan bersama mendapat benih kerapu sebanyak 2.000 ekor dan pakan kerapu 1,5 ton.

Sementara popdakan Beras Basah berupa bibit rumput laut sebanyak 1,5 ton, pelampung, pemberat, tali jangkar, tali sekunder, tali tersier, dan tali utama dengan ukuran 12 mm seberat 150 kg. Untuk pokdakan Tihi-Tihi menerima bibit rumput laut 1,5 ton, pelampung 750 buah, pemberat jangkar 30 unit, tali jangkar 150 kg, tali sekunder 150 kg, tali tersier 300 kg, dan tali utama dengan ukuran 12 mm seberat 122 kg.

Tak hanya itu, pada kesempatan kunjungan kerja gubernur Kaltim kali ini, Isran juga melakukan panen raya ikan dan lobster di Karamba Jaring Apung di perairan laut Bontang.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Kunjungi DPK Bontang, Tata Kelola Arsip Dinilai Baik

Isran mengpresiasi para nelayanan yang selama ini menjadi salah satu penopang perekonomian di sektor kemaritiman. Ia pun merasa senang dapat memberikan bantuan itu. Dia juga berharap bantuan ini bisa dikelola atau dimanfaatkan demi meningkatkan hasil produksi para nelayan dan para petani rumput laut di Bontang.

Sebab bagaimana pun, ekonomi sektor maritim ini cukup menjanjikan dan bisa meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat pesisir.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang, Najirah yang turut hadir mewikili Pemkot Bontang menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kaltim, yang telah memberikan bantuan kepada para nelayan di Kota Bontang.

Dia berpesan agar bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan dalam peningkatan produksi hasil budidaya ikan dan rumput laut. “Semoga bantuan ini bisa menopang peningkatan hasil produksi nelayan,” ucap Najirah. (*)

Penulis: Fajri Sunaryo
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks