Birokrasi

Melihat Gegap Gempita Kaltim Expo 2021 Setelah 2 Tahun Ditiadakan, Hadi Mulyadi: Pandemi Ajang Berinovasi

Melihat Gegap Gempita Kaltim Expo 2021 Setelah 2 Tahun Ditiadakan, Hadi Mulyadi: Pandemi Ajang Berinovasi
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat mengunjugi salah satu stan Kaltim Expo di Atrium Big Mal Samarinda. (Istimewa)

Melihat Gegap Gempita Kaltim Expo 2021 Setelah 2 Tahun Ditiadakan, Hadi Mulyadi: Pandemi Ajang Berinovasi. Wakil Gubernur Kaltim menyampaikan, apapun tantangan yang dibawa pandemi, semangat dalam berinovasi dan berkreativitas tidak boleh padam.

Akurasi.id, Samarinda – Pagelaran Kaltim Expo ke 13 tahun 2021 yang dilaksanakan di Atrium Big Mal banyak menarik perhatian. Pasalnya, ini merupakan salah satu perhelatan besar yang dilaksanakan Pemprov Kaltim semenjak melandainya kasus Covid-19.

Expo tersebut diikuti berbagai macam organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten/kota se-Kaltim. Sedikitnya, Kaltim Expo tahun ini terdiri dari 94 stan, yang terbagi dalam 58 stan OPD,  BUMN, Perbankan dan BUMD,  33 stan UMKM, dan 3 stan otomotif. Expo ini digelar selama 5 hari berturut-turut yaitu dari 22 hingga 26 September 2021.

Tak pelak, acara besar itupun mengundang keramaian. Padahal, kini Samarinda masih dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) meskipun telah turun status menjadi level 2. Jumlah pengunjung mal pun masih dibatasi maksimal 50 persen dari total keseluruhan.

Kendati mengundang kerumunan, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyampaikan, masyarakat harus tetap semangat meski masih berhadapan dengan pandemi.

“Hal penting yang ingin saya sampaikan adalah semangat kita untuk tidak menyerah dari keadaan, termasuk saat pandemi Covid-19 saat ini,” ucap mantan legislatif Senayan itu, di sela-sela kegiatannya membuka kegiatan Kaltim Expo, pada Rabu (22/9/2021).

Melalui Kaltim Expo, orang nomor dua di Kaltim itu ingin menularkan semangat berkreativitas kepada masyarakat. Yang mana Kaltim Expo menghadirkan berbagai macam acara dan stan UMKM yang dapat dijadikan inspirasi untuk menumbuhkan semangat dalam berkarya. “Jangan pernah menyerah dengan keadaan. Karena Allah ciptakan pandemi agar kita bisa lebih kreatif,” ucapnya.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Kunjungi DPK Bontang, Tata Kelola Arsip Dinilai Baik

Untuk itu, Wagub Hadi pun memberikan apresiasi tinggi kepada pelaku UKM Kaltim yang tetap kreatif meski Indonesia dan dunia harus berjuang keras menghadapi serbuan Covid-19. Hadi menggambarkan hal itu ketika ekspor non-migas Kaltim menjadi yang tertinggi kedua di Indonesia di tengah pandemi.

Hal itu membuktikan bahwa UKM Kaltim mampu memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi daerah, bahkan nasional. “Saya sangat bangga. Karena itu atas nama pribadi dan Pemprov Kaltim kami berikan apresiasi setinggi-tingginya atas karya-karyanya,” tuturnya.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Kunjungi DPK Bontang, Tata Kelola Arsip Dinilai Baik

Tak hanya membuka kegiatan Kaltim Expo, Hadi juga berkeliling ke setiap stan yang ada dalam kegiatan tersebut. Canda dan senyum sumringahnya mengiringi setiap percakapan bersama warga dan pegawai yang bertugas mejaga stan masing-masing.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 IKA Unmul Meiliana juga mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam acara tersebut. Yang mana dalam Kaltim Expo 2021 banyak menghadirkan UMKM dengan peserta mencapai puluhan stan.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Kunjungi DPK Bontang, Tata Kelola Arsip Dinilai Baik

“Yang paling menarik tadi PKK, karena menghadirkan 10 kabupaten/kota, juga jambore kader PKK. Ini menarik sekali untuk menambah semangat ibu-ibu terutama ibu-ibu PKK di seluruh Kaltim. Semoga dengan adanya Kaltim Ekspo UMKM Kaltim juga ikut bangkit dan sukses,” kata dia. (*)

Penulis: Devi Nila Sari
Editor: Redaksi Akurasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks