Birokrasi

Dari Kerja Sama Kaltim-Sulteng, Bicara Batu Bara Hingga Suplai 4 Juta Metrik Ton Batu Palu Bagi IKN

Dari Kerja Sama Kaltim-Sulteng, Bicara Batu Bara Hingga Suplai 4 Juta Metrik Ton Batu Palu Bagi IKN
Gubernur Kaltim dan Sulteng, Isran Noor- Rusdy Mastura saat menunjukan nota kesepakatan dalam kerja sama kedua daerah. (Dok Humas Pemprov Kaltim)

Dari Kerja Sama Kaltim-Sulteng, dari Batu Bara Hingga Suplai 4 Juta Metrik Ton Batu Palu Bagi IKN. Di antara kesepakatan itu, yakni Kaltim-Sulteng kerja sama distribusi batu palu, yakni akan disuplai bagi pembangunan IKN yang mencapai 4 juta metrik ton.

Akurasi.id, Samarinda – Pemprov Kaltim teken Memorandum of Understanding (MoU) atau kerja sama dengan Pemprov Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Kamis (9/9/2021). Jalinan kerja sama yang bertempat di Kantor Kegubernuran Kaltim ini, merupakan penguatan bentuk formal dari kerja sama yang telah dijalani kedua belah pihak dari jaman dari sejak dulu.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, tujuan ditekennya kerja sama pada hari itu, adalah sebagai bentuk perhatian, perlindungan, dan pengawasan pemerintah terhadap kerja sama masyarakat yang telah terjalin sejak zaman pemerintahan Belanda.

“Ini merupakan kerja sama yang diformalkan Pemprov Kaltim dan Pemprov Sulteng. Dulu memang pernah terjadi, tapi kan tidak diformalkan. Tapi tetap berjalan, itukan urusan pedagang dan pengusaha. Sekarang bagaimana kita bisa melindungi mereka supaya bisa lebih bermartabat, bernilai, dan lebih maju lagi. Kalau diurusi dan diawasi pemerintah daerah,” terang orang nomor satu di Kaltim ini.

Dikatakan Isran Noor, kerja sama Kaltim-Sulteng tersebut dinilai penting lantaran banyak bahan pangan juga disuplai dari Sulteng seperti hasil pertanian, sayur-sayuran seperti kubis tomat, pisang,  kambing, sapi, dan sebagainya.

Terlebih batu palu yang merupakan komoditi utama pembangunan jalan-jalan di Tanah Benua Etam, sebutan Kaltim. Yang mana saat ini Kaltim sedang dalam pembangunan insfrastruktur berupa jalan dan gedung di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Diperkirakan, pembangunan jalan di kawasan tersebut memerlukan sedikitnya 4 juta metrik ton batu palu.

“Inikan yang membangun jalan-jalan di Kaltim asalnya dari Kalteng, batu palu. Terkenal Palu itu. Untuk pembangunan jalan di IKN juga. Dalam perencanaan diperlukan sekitar 4 juta metrik ton. Itu keperluan negara,” ujarnya.

Baca Juga  Memaksimalkan Tata Kelola Arsip, Raperda Penyelenggaraan Kearsipan Dibahas

Sementara itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan, kerja sama di antara kedua pemerintah ini juga terjalin dalam bidang batu bara.

“Kami kirim batu palu ke sini, di sini kirim batu bara. Orang tua kami sejak dulu telah melakukan kerja sama ini. Karena sudah ada pemerintahan jadi kami ingin wujudkan kerja sama ini dengan Kaltim,” kata dia.

Kerja sama inipun akan terjalin dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Selain batu bara, kerja sama keduanya juga terjalin dalam hal jual beli pupuk. Mengingat banyak lahan pertanian di Sulteng menggunakan pupuk yang berasal dari Kaltim.

Baca Juga  Perpustakaan Keliling DPK Bontang Kembali Hadir di Taman Adipura Bontang Kuala

“Pupuk Kaltim juga dikirim ke sana, karena pertanian di Sulteng menggunakan pupuk yang dikirim dari Kaltim,” tuturnya. (*)

Penulis: Devi Nila Sari
Editor: Redaksi Akurasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks