Birokrasi

BKPSDM Masuk 6 Besar Lomba Gagas, DPK Berharap Pengelolaan Arsip Mengalami Peningkatan

BKPSDM Masuk 6 Besar Lomba Gagas, DPK Berharap Pengelolaan Arsip Mengalami Peningkatan
BKPSDM kembali masuk 6 besar lomba Gagas, DPK berharap pengelolaan arsip mengalami peningkatan. (Dok DPK Bontang)

BKPSDM masuk 6 besar lomba Gagas, DPK berharap pengelolaan arsip mengalami peningkatan. DPK memberikan apresiasi kinerja pengelola kearsipan di BKPSDM yang sudah lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

Akurasi.id, Bontang – Belum lama ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Bontang mengadakan kunjungan sekaligus melakukan verifikasi lapangan Lomba Good Archival Governance Awards (Gagas) tahun 2021, di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bontang, Selasa (7/9/2021).

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti melalui Kepala Bidang Kearsipan, Nurbaena memberikan apresiasi kinerja pengelola kearsipan di BKPSDM yang sudah lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Mengingat BKPSDM juga sebelumnya masuk dalam 6 besar lomba Gagas 2020.

“Peningkatan di BPKSDM di banding tahun sebelumnya yakni pada pengelolaan penyusutan arsipnya dengan mengusulkan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI),” ucap perempuan yang juga menjabat sebagai Plt Sekretaris DPK Bontang itu saat ditemui media ini, Rabu (8/9/2021).

Dia menjelaskan, saat ini daftar arsip dari BKPSDM sudah pihaknya kirimkan ke ANRI guna usulan pemusnahan arsip. untuk saat ini tinggal menunggu proses rekomendasi dari ANRI.

Selain itu, Nurbaena menyebutkan, ruang record center yang dimiliki BKPSDM sudah meningkat dari tahun sebelumnya. untuk sarana dan prasarana ada peningkatan.

“Alhamdullilah pelan-pelan mereka mulai menerapkan tata kelola yang baik. Ruang record centernya sudah terisi lengkap seperti box, rak, dan lemari rool o’pactnya sudah ada, Semoga bisa dipertahankan dan dikembangkan lagi,” harapnya.

Baca Juga  Memaksimalkan Tata Kelola Arsip, Raperda Penyelenggaraan Kearsipan Dibahas

Sementara di tempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan DPK Bontang, Hapidah Basri Rase berharap ada peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni pengelolaan di UK-2 nya masih belum tertata dengan baik kala itu, sementara saat ini sudah memiliki ruang record center yang baik.

“Tahun 2020 itu baru ruang kepegawaian, saat ini sudah ada record center, kemudian mereka juga sudah mengajukan pengusulan pemusnahan. Itu menjadi penambahan poin di Gagas 2021,” ucap Hapidah.

Sementara, untuk yang dinilai dalam verifikasi, Hapidah menjelaskan sesuai dengan apa yang diisi di kuesioner, mulai dari pengelolaan arsip dinamis aktif dan in aktif, layanan dan akses arsip dinamis, penyusutan pemindahan, pemusnahan dan Penyerahan arsip, SDM serta sarana dan prasarananya sudah sesuai.

Dia berharap semoga dengan masuk kembali BKPSDM dalam 6 besar gagas, bisa dipertahankan pengelolaan kelola arsip yang baik, bahkan selalu aktif dalam mengurus arsip agar bisa tertata lebih baik lagi ke depan.

Baca Juga  Perpustakaan Keliling DPK Bontang Kembali Hadir di Taman Adipura Bontang Kuala

“Semoga dipertahankan tata kelola arsip yang baik, jika pengelolaannya sudah baik, hasilnya pun mereka juga yang rasakan mudahnya temu balik arsip. itu salah satu tujuan Lomba Gagas ini untuk OPD,” pungkasnya.

Diketahui, OPD yang masuk dalam 6 besar gagas yakni Sekretariat Daerah, BKPSDM, Kecamatan Bontang Barat, Inspektorat Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks