Birokrasi

Upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang dalam Mengakreditasi Perpustakaan Sekolah

Upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang dalam Mengakreditasi Perpustakaan Sekolah
Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti. (Dok Akurasi.id)

Upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang dalam Mengakreditasi Perpustakaan Sekolah. Tahun ini target 10 sekolah terakreditasi

Akurasi.id, Bontang – Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Syafruddin Pernyata beberapa waktu lalu bertandang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang.

Syafruddin sempat menyebutkan perbandingan jumlah perpustakaan sekolah serta jumlah perpustakaan yang berstandar nasional di Kota Bontang.

Dalam data tersebut, disebutkan pada Sekolah Dasar (SD), terdapat 61 perpustakaan sementara yang terakreditasi hanya 1 perpustakaan. Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), terdapat 34 perpustakaan sementara yang terakreditasi 10 perpustakaan. Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), terdapat 13 perpustakaan sementara yang terakreditasi 4 perpustakaan. Dan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), terdapat 14 perpustakaan sementara yang terakreditasi hanya 2 perpustakaan.

Menyikapi data tersebut, Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti menyebutkan hingga saat ini DPK terus berupaya untuk memberi dukungan dan bimbingan untuk meningkatkan akreditasi untuk perpustakaan sekolah di Kota Bontang.

“Terkait akreditasi perpustakaan sekolah semua di kabupaten atau kota sama kondisinya, masih sangat sedikit sekolah yang terakreditasi. Tetapi kami selalu berupaya untuk meningkatkan itu dengan tahun ini dengan target 10 sekolah,” kata Retno saat dikonfirmasi media ini, Jumat (30/4/2021).

Dia juga menyebutkan, pada tahun 2020, hanya 4 sekolah di Bontang yang terakreditasi, tetapi dengan upaya DPK Bontang, di tahun 2021 secara perlahan mengupayakan 10 perpustakaan. Agar meningkat akreditasi perpustakaan sekolah.

Baca Juga  Jembatan Mahkota II Belum Bisa Dilewati Saat Lebaran, Andi Harun: Ini Demi Keselamatan Warga

Terlebih lanjut Retno, dengan dibentuknya Gerakan Pemasyarakatan Minta Baca (GPMB) di Kota Bontang, dan dibantu dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Indonesia, beban DPK menjadi ringan untuk membantu akreditasi perpustakaan-perpustakaan sekolah.

“Ini juga akan mempercepat akreditasi di tahun-tahun berikutnya, sehingga diupayakan semua sekolah di Bontang perpustakaannya terakreditasi,” harap Retno

Sementara untuk progres akreditasi 10 perpustakaan tersebut sudah berjalan.

“Nanti tanggal 3 Mei 2021 akan dilakukan verifikasi secara daring. Dan sejauh ini progresnya baik,” pungkas Retno.

Baca Juga  Tak Ingin Tebang Pilih Kepala OPD, Basri: Senior Memang Penting, Gesit Juga Saya Butuh

Diketahui 10 sekolah yang diusulkan oleh DPK untuk mendapatkan akreditasi di perpustakaannya yakni SMPN 2 Bontang, SMPN 6 Bontang, SDN 001 Bontang Selatan, SDN 006 Bontang Selatan, SDN 009 Bontang Selatan, SDN 011 Bontang Selatan, SDN 001 Bontang Utara, SDN 008 Bontang Utara, SDN 004 Bontang Barat, dan SDN 002 Bontang Selatan. (*)

Penulis: Rezki Jaya 

Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks