Birokrasi

Perdana Jadi Wali Kota, Andi Harun Sambangi Korban Kebakaran, Langsung Salurkan Bantuan

Wali Kota Samarinda Andi Harun mengunjungi para warga korban kebakaran di Samarinda Seberang pada hari pertamanya bekerja, Sabtu (27/2/2021). (Istimewa)

Perdana jadi wali kota Samarinda, Andi Harun sambangi korban kebakaran, langsung salurkan bantuan. Apa yang dilakukan Andi Harun tersebut juga sekaligus sebagai komitmen dirinya, bahwa dia akan selalu hadir mendengarkan berbagai keluh kesah masyarakat.

Akurasi.id, Samarinda – Pada hari pertama atau hari perdana jadi wali kota Samarinda, Andi Harun tampaknya tidak ingin duduk santai. Politikus Partai Gerindra itu langsung mengambil eksen dengan menyambangi para korban kebakaran yang berada di Kelurahan Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang, Sabtu (27/2/2021).

Kedatangan pria yang kerap di sapa AH itu selain memberi semangat kepada para korban kebakaran, ia juga menyalurkan bantuan berupa sembako. Selain itu iya juga meminta maaf kepada warga lantaran baru dapat menemui mereka sehari setelah kejadian lantaran proses pelantikan yang sangat panjang.

“Pelantikan kemarin sangat panjang, sehingga hari ini baru berkesempatan berkunjung pada wilayah ini. Hari ini saya bersama kadis, sekcam, dan bu lurah, melihat langsung kondisi warga kita yang sedang terkena musibah,” ujar Andi Harun kepada awak media, Sabtu (27/2/2021).

Seperti diketahui, sebelumnya terdapat sebanyak 17 rumah yang ditinggali 30 kepala keluarga (KK) menjadi korban bencana kebakaran pada Jumat (26/2/2021). Di mana, diduga sementara kebakaran akibat arus pendek listrik atau korsleting.

“Saya tadi sudah meninjau lokasi. Informasi sementara yang saya dapatkan bahwa ada 17 rumah, dan kurang lebih 30 KK terdiri dari rumah bangsalan dan rumah pribadi (yang terbakar dalam musibah itu),” ungkapnya.

Agar tak terjadi hal serupa, AH mengimbau kepada masyarakat di wilayah tersebut, agar selalu mengecek instalasi listrik di masing-masing rumah. “Kata kepolisian, (dugaan) penyebabnya lantaran korsleting listrik, mudahan dari peristiwa ini masyarakat jadikan pelajaran dan memeriksa kondisi instalasi listrik,” imbuhnya.

Baca Juga  Ketika Wagub Diberi Uang Rp20 Ribu oleh Kakek Misterius Usai Salat Subuh, Ingatkan Pentingnya Sedekah

Sementara itu, ditanya mengenai langkah jangka panjang Pemkot Samarinda terkait penanganan peristiwa serupa, AH menyatakan akan melakukan rapat koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Saya tadi sudah berkoordinasi dengan kadis, agar segera kami melakukan rapat koordinasi untuk menentukan peta penanganan antisipasi terhadap masalah-masalah secara langsung,” tutupnya.

Sementara itu, di lokasi penyerahan bantuan, beberapa orang ibu-ibu turut berkumpul dan bersalaman langsung dengan pemimpin baru Kota Tepian -sebutan Samarinda- itu, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga  Menunjang Pelayanan Terbaik Saat Pandemi, Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Divaksin

Terlihat para warga korban kebakaran yang didominasi kaum ibu-ibu bahagia mendapatkan kunjungan dan bantuan dari wali kota Samarinda. “Alhamdulillah kami sudah dibantu. Terimakasih Pak Andi Harun sudah mau datang menemui kami,” ucap warga.

Suriyani (35) salah seorang warga korban terdampak bencana kebakaran, mengungkapkan turut senang dengan bantuan sembako yang diberikan Pemkot Samarinda itu. “Alhamdulillah senang, karena sangat membantu. Barang sudah habis, ada bantuan ya bersyukur,” singkatnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks