Birokrasi

Mengenal Macam Layanan di Perpustakaan DPK Bontang

Mengenal Macam Layanan di Perpustakaan DPK Bontang
Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Mengenal macam layanan di Perpustakaan DPK Bontang. Berbagai layanan ini tak lain untuk memfasilitasi para pemustaka.

Akurasi.id, Bontang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang berupaya meningkatkan layanan, agar dapat dinikmati oleh semua kalangan di masyarakat Bontang.

Untuk itu, DPK Bontang memiliki berbagai layanan yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai gudang buku untuk sumber ilmu. Agar masyarakat Bontang cinta akan literasi.

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti menjelaskan, terdapat 24 layanan yang ada di DPK Bontang. mulai dari layanan Sirkulasi yang merupakan layanan peminjaman dan pengembalian buku dengan syarat telah menjadi anggota Perpustakaan.

“Terdapat lebih dari 30.000 judul dan 100.000 eksemplar buku yang dapat dipinjam oleh pemustaka Bontang,” ucap Retno saat ditemui, Jumat (11/6/2021).

Lalu terdapat layanan Ruang Baca Umum yang menyediakan area baca yang cukup luas dan nyaman yang dilengkapi dengan pendingin ruangan. Area ini sangat sesuai bagi pengunjung yang ingin belajar di perpustakaan ataupun melakukan diskusi kelompok.

Kemudian layanan Kartu Anggota yang terdiri dari pembuatan kartu anggota diberikan kepada masyarakat yang berdomisili di Kota Bontang ataupun yang sedang menempuh kuliah di perguruan tinggi di Kota Bontang. Dan untuk Heregistrasi digunakan bagi kartu anggota yang habis masa berlakunya.

Baca Juga  Melihat Jenis Layanan dan Tata Tertib Pelayanan Kearsipan DPK Bontang

“Tak lupa ada layanan internet untuk pengunjung. Selain itu menyediakan sarana komputer untuk dapat digunakan secara gratis,” jelasnya.

Lanjutnya, layanan Playground Perpustakaan yang dapat dimanfaatkan pengunjung PAUD atau TK. Layanan ini dapat dimanfaatkan secara gratis pada hari Sabtu dan Minggu dengan syarat telah menjadi anggota perpustakaan.

“Ruang baca PAUD atau TK ini berupa area layak anak yang difasilitasi dengan buku-buku koleksi khusus anak. Serta terdapat ruang anak berkebutuhan khusus yang menyediakan bahan pustaka dan sarana yang kondusif bagi anak berkebutuhan khusus agar memperoleh kesamaan akses dan komunikasi,” bebernya.

Selain untuk PAUD atau TK, tak ketinggalan terdapat ruang koleksi untuk anak SD atau MI berupa area layak anak yang difasilitasi dengan koleksi untuk pelajar SD/MI.

Baca Juga  Bicarakan Raperda Pengelolaan Kearsipan, DPK Penuhi Undangan Komisi I DPRD Bontang

Kemudian layanan Ruang Multimedia diperuntukkan kepada pemustaka yang ingin menggunakan layanan berupa bunyi, gambar, musik, animasi, dan video, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih variatif kepada pemakai perpustakaan.

“Ada juga layanan koleksi audio visual merupakan layanan peminjaman atau pemutaran koleksi audio visual kepada pemustaka. Koleksi Perpustakaan yang termasuk dalam koleksi audio visual ini adalah kaset, film, video cd, dvd dan lain-lain,” sebut Retno

Lalu ada Ruang Aula DPK yang cukup luas yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan dengan bekerja sama dengan perpustakaan ataupun kegiatan literasi lainnya.

Layanan Terbitan Berkala Sebagai sarana sumber informasi, menyediakan bahan terbitan berkala berupa koran dan majalah agar dapat terus menyediakan informasi yang terkini kepada masyarakat.

Baca Juga  Serapan Anggaran Rendah, DPUPR Sebut Terkendala Perubahan Aturan

Terdapat juga layanan OPAC Dalam meningkatkan kualitas layanan, dengan menerapkan teknologi informasi yang terkini. Dengan katalog online akan memudahkan dalam mencari koleksi buku yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan akurat.

Layanan English Corner menyediakan literatur berbahasa Inggris. Yang menyediakan berbagai macam buku dalam bahasa inggris yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung perpustakaan.

Selanjutnya layanan iBontang yang mengikuti perkembangan TI yang menyediakan bahan bacaan digital berupa e-book yang dapat dibaca secara gratis dengan mengunduh di play store.

Layanan Perpustakaan Laut berupa kegiatan pengenalan dan pengembangan minat baca bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau. Pada kegiatan ini Perpustakaan akan membawa bahan bacaan dan melakukan pengenalan literasi layaknya Perpustakaan keliling

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Ajak Sukseskan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

“Layanan Perpustakaan Keliling sendiri menggunakan mobil di dalam kota untuk menjangkau sekolah yang berada di wilayah Kota Bontang,” ungkap Retno.

Lanjut Retno, terdapat juga layanan BI Corner. Pada Pojok Bl ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan koleksi buku yang terkait dengan keuangan dan dunia perbankan.

Ada juga Pojok BUMN Untuk menyediakan dan melestarikan koleksi bacaan lokal yang berisi bahan bacaan terbitan dari beberapa perusahaan dan instansi di Kota Bontang antara lain PKT, Badak LNG, TNK, dan lain sebagainya.

Lanjut Taman Ekspresi, layanan ini ditujukan kepada pemustaka yang menginginkan suasana ruang terbuka hijau untuk aktivitas membaca dan menikmati layanan hotspot.

Baca Juga  Melihat Teknik Fumigasi yang Diterapkan DPK Bontang

Di DPK Bontang juga terdapat loker untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bersama untuk menyimpan tas pengunjung perpustakaan.

Selanjutnya layanan Pendampingan Perpustakaan diberikan kepada instansi pemohon dengan mengajukan surat pendampingan perpustakaan dalam rangka meningkatkan tugas dan fungsi perpustakaan di wilayah Kota Bontang.

Lalu layanan Magang Perpustakaan yang menerima para pengelola perpustakaan untuk melakukan magang dan siswa PKL guna memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam terkait Perpustakaan. Untuk menggunakan layanan ini cukup dengan bersurat ke DPK Kota Bontang.

Dan yang terakhir tentu lahan parkir memadai yang cukup luas baik bagi roda 2 maupun roda 4, selain itu juga tersedia parkir khusus untuk sepeda. Di area parkir juga dilengkapi CCTV untuk menambah kenyamanan dan keamanan area parkir.

Baca Juga  Mengenal Pedoman Pelayanan Arsip di Bidang Kearsipan DPK Bontang

“Layanan-layanan tersebut tentu untuk memberikan kenyamanan untuk pemustaka. Agar masyarakat nyaman jika berkunjung di perpustakaan,” pungkas Retno. (*)

Penulis: Rezki Jaya

Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks