Birokrasi

Perpustakaan Keliling DPK Bontang Kembali Hadir di Taman Adipura Bontang Kuala

Perpustakaan Keliling DPK Bontang Kembali Hadir di Taman Adipura Bontang Kuala
Suasana perpustakaan keliling di Taman Adipura Bontang Kuala. (Dok DPK Bontang)

Perpustakaan Keliling DPK Bontang kembali hadir di Taman Adipura Bontang Kuala. Pelayanan Perpustakaan Keliling DPK Bontang ini pun dilengkapi beragam buku yang disusun rapi pada rak. Mulai dari buku dongeng, ilmu pengetahuan, dan lainnya.

Akurasi.id, Bontang – Demi meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang kembali mengaktifkan salah satu program unggulannya, yakni Perpustakaan Keliling.

Pelayanan Perpustakaan Keliling DPK Bontang ini pun dilengkapi beragam buku yang disusun rapi pada rak. Mulai dari buku dongeng, ilmu pengetahuan, dan lainnya. Sementara untuk sasaran utama adalah anak-anak, upaya ini diharapkan dapat menaikkan niat baca bagi anak. Agar mereka tidak asing dengan buku, terlebih di masa pandemi seperti saat ini, ponsel pintar kerap menjadi mainan anak setiap harinya.

Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan, Alifia Rizkiyanti menjelaskan, program perpustakaan keliling ini mulai dirutinkan setiap Sabtu di Taman Adipura yang berada di Bontang Kuala yang biasanya mulai buka dari pukul 16.00 – 18.00 Wita.

“Alhamdulillah pandemi Covid-19 di Bontang mulai melandai, sehingga program Perpustakaan Keliling ini mulai kami aktifkan lagi dari sejak Sabtu, 4 September lalu,” ucap perempuan yang akrab disapa Alif saat ditemui media ini, Selasa (21/9/2021).

Dia membeberkan, program tersebut rencananya akan terus berlangsung, dengan catatan angka penyebaran Covid-19 di Kota Taman tidak meningkat lagi hingga level 4. Bahkan rencananya akan dirutinkan dalam 1 pekan 2 kali.

“Jika terus landai hingga akhir bulan September ini, Insyaallah mulai bulan depan kami adakan 2 kali dalam 1 pekan, selain di Taman Adipura, Kami rencanakan gelar di Rusunawa Rawa Indah yang berada di Tanjung Laut, Bontang Selatan,” jelasnya.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Kunjungi DPK Bontang, Tata Kelola Arsip Dinilai Baik

Dengan begitu, tujuan dari program perpustakaan keliling ini bisa terwujud, yakni dengan mendekatkan diri dengan para pemustaka yang tidak sempat datang langsung ke perpustakaan daerah untuk membaca.

“Terlebih saat ini DPK hanya layanan tertutup, tidak bisa baca di tempat. Dengan adanya perpustakaan keliling, warga setempat bisa memilih buku secara langsung untuk dibaca di tempat. Dan suasananya pun outdoor, sehingga bisa memaksimalkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya

Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks