Birokrasi

Bikin Bangga!! Perpustakaan Loktuan Masuk 5 Besar Lomba Perpustakaan Nasional 2021

Bikin Bangga!! Perpustakaan Loktuan Masuk 5 Besar Lomba Perpustakaan Nasional 2021
Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Loktuan masuk 5 besar Lomba Perpsutakaan Nasional 2021. (Dok Kelurahan Loktuan)

Bikin Bangga!! Perpustakaan Loktuan Masuk 5 Besar Lomba Perpustakaan Nasional 2021. Hasil itu bisa dikatakan sangat luar biasa. Karena Kelurahan Mercusuar Loktuan keluar 5 besar setelah menyisihkan 83.824 perpustakaan desa atau kelurahan di seluruh Indonesia.

Akurasi.id, Bontang – Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Loktuan mendapatkan juara harapan 2 atau 5 besar dalam Lomba Perpustakaan Umum Tahun 2021. Lomba ini diadakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dari tingkat desa dan kelurahan di seluruh Tanah Air. Hasilnya diumumkan pada Senin (13/9/2021) lalu.

Di sisi lain, perpustakaan dalam pembangunan nasional dinilai berkontribusi besar dalam membangun masyarakat berpengetahuan atau knowledge society. Selain itu, perpustakaan desa atau kelurahan memiliki peran sebagai pusat ilmu pengetahuan yang mampu mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat di pedesaan.

Prestasi yang didapatkan Perpustakaan Mercusuar Loktuan disambut hangat semua pihak. Tak terkecuali Wakil Wali Kota Bontang, Najirah. Dia mengucapkan selamat atas capaian yang diraih Perpustakaan Mercusuar Loktuan. Karena sudah mampu mewakili Bontang dan Kaltim di pentas lomba perpustakaan nasional.

“Saya sebagai wakil dari Pemkot Bontang memberikan apresiasi buat Perpustakaan Mercusuar Loktuan. Setidaknya bisa menambah lagi inovasi ke depan, agar Bontang bisa menjadi kota yang hebat dan beradap melalui membaca,” ucapnya saat dihubungi media ini, Kamis (16/9/2021).

Dia berharap dengan adanya penghargaan tersebut, bisa menjadi penyemangat untuk perpustakaan kelurahan yang lain di Kota Taman. Agar berlomba-lomba memperbaiki perpustakaan agar dapat menarik minat baca di lingkungan sekitarnya.

Sementara Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti mengucapkan selamat atas capaian tersebut. “Kita bersyukur Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Loktuan menjadi wakil Bontang dan Kaltim, mendapatkan posisi 5 terbaik secara nasional,” katanya.

Dengan begitu, Retno berharap, prestasi tersebut bisa menjadi pemicu dan semangat Perpustakaan Mercusuar untuk lebih meningkatkan kualitas SDM serta layanannya, sehingga ke depan bisa menjadi perpustakaan terbaik nasional.

“Prestasi ini juga diharapkan dapat memicu semangat perpustakaan kelurahan lain di Bontang agar bisa memberikan layanan yang terbaik juga. Semoga tahun depan ada perpustakaan lain yang bisa juara di tingkat Kaltim dan akan mewakili di tingkat nasional,” harapnya.

Hal serupa disampaikan Kabid Perpustakaan DPK Bontang, Usman. Dia mengucapkan selamat kepada Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Loktuan yang sudah memperoleh hasil yang maksimal, yakni juara harapan 2 di Kategori A.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Kunjungi DPK Bontang, Tata Kelola Arsip Dinilai Baik

“Ini capaian yang membanggakan mengingat saingan Bontang di beberapa daerah yang notabene cukup bagus pengelolaan perpustakaannya, walaupun harapan 2, itu sudah hasil yang bagus,” ucapnya memberikan apresiasi atas hasil Perpustakaan Loktuan masuk 5 besar.

Dia berpesan kepada Perpustakaan Mercusuar untuk menjadikan juara ini sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik lagi. Agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal lagi. Selain itu dia juga berharap untuk perpustakaan kelurahan lain di Kota Taman agar lebih semagat dalam pengelolaan perpustakaannya.

“Artinya Bontang juga bisa memperoleh hasil yang baik di kanca nasional, asal dibarengi dengan usaha yang maksimal pula,” pesannya.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Kunjungi DPK Bontang, Tata Kelola Arsip Dinilai Baik

Terpisah, Lurah Loktuan Muhammad Takwin, bersyukur Perpustakaan Mercusuar masuk dalam Klaster A yang merupakan tingkat tertinggi di tingkat kelurahan atau desa seluruh Indonesia. “Alhamduliilah mendapatkan juarah harapan 2 atau urutan ke-5 dari 83.824 perpustakaan desa atau kelurahan di seluruh Indonesia. Semoga bisa berbuat yang lebih baik ke depan,” tuturnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi Akurasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks