Birokrasi

DPK Bakal Sumbangkan Buku untuk Pojok Baca Nyerakat Kiri, Ajak Masyarakat Ikut Program Bakul Terasi

DPK Bakal Sumbangkan Buku untuk Pojok Baca Nyerakat Kiri, Ajak Masyarakat Ikut Program Bakul Terasi
Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang, Usman. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

DPK bakal sumbangkan buku untuk Pojok Baca Nyerakat Kiri, ajak masyarakat ikut program Bakul Terasi. Buku yang rencananya akan disalurkan ke Nyerakat Kiri tersebut, yakni buku pelajaran untuk anak.

Akurasi.id, Bontang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang akan menyediakan Pojok Baca bagi warga RT 10 Nyerakat Kiri di Kelurahan Bontang Lestari. Hal tersebut dikarenakan daerah tersebut banyak anak yang tidak bersekolah lantaran tempat tinggal yang jauh dari sekolah.

Dengan demikian, terkait Pojok Baca Nyerakat Kiri tersebut, Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti melalui Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Usman  mengajak seluruh masyarakat Kota Taman untuk membantu dengan memberikan buku pelajaran bekas yang sudah tidak terpakai melalui salah satu program unggulan perpustakaan daerah, yakni Bank Buku untuk Literasi (Bakul Terasi).

“Ayo bersama membantu anak-anak bangsa khususnya putra putri Bontang yang tinggal di sana,” ucap Usman kepada media ini, Kamis (9/9/2021).

Dia beranggapan, kurangnya pendidikan anak-anak di sana lantaran lokasi yang cukup jauh dari sekolah. Sehingga, banyak orang tuanya yang tidak bisa mengantar anaknya ke sekolah. Terlebih akses jalan yang cukup rusak jika dilalui sesudah hujan.

“Nanti di TMMD ada pembangunan musala, jadi pojok baca tersebut akan kami tempatkan di situ, mengingat musala itu menjadi salah satu tempat berkumpul masyarakat sekitar warga situ,” harapnya.

Sementara, untuk buku yang rencananya akan disalurkan ke Nyerakat Kiri tersebut, yakni buku pelajaran untuk anak, sementara terkait mata pencarian warga sekitar, pihaknya juga akan menyediakan buku pertanian atau budidaya.

Baca Juga  Melihat Gegap Gempita Kaltim Expo 2021 Setelah 2 Tahun Ditiadakan, Hadi Mulyadi: Pandemi Ajang Berinovasi

“Untuk menambah minat baca warga RT 10 Nyerakat Kiri, kami akan membuat pojok baca dan menyerahkan buku-buku bacaan sebagai ilmu tambahan bagi warga,” pungkasnya.

Diketahui, DPK Bontang menjalin kerja sama dengan jajaran Koramil 0908-01/Loktuan, yakni melaksanakan survei di kawasan RT 10 Nyerakat Kiri, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Selasa (7/9/2021) lalu.

Survei dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 yang diselenggarakan Kodim 0908/BTG. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks