Birokrasi

Melihat Jenis Layanan dan Tata Tertib Pelayanan Kearsipan DPK Bontang

Melihat Jenis Layanan dan Tata Tertib Pelayanan Kearsipan DPK Bontang
Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Melihat jenis layanan serta tata tertib pelayanan kearsipan DPK Bontang. Arsip merupakan aset negara sehingga wajib dikawal dengan tata tertib yang ketat

Akurasi.id, Bontang – Untuk mengakses arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang khususnya pada Bidang Kearsipan memiliki jenis layanan dan tata tertib khusus.

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti menjelaskan, terdapat berbagai macam pelayanan arsip, yakni konsultasi sumber arsip, pelayanan peminjaman arsip, pelayanan jasa penelusuran dan penelitian bahan kearsipan serta pelayanan penggandaan atau reproduksi arsip.

Kemudian lanjut Retno, untuk tata tertib pelayanan arsip sendiri meliputi ruang baca khusus untuk membaca arsip. Kemudian pengguna dilarang membawa arsip atau referensi lainnya keluar dari ruang baca.

“Pengguna arsip wajib memperlakukan arsip dengan hati-hati untuk menjaga kelestarian arsip, dan pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas bahan arsip yang sedang dipergunakan,” ucap perempuan yang juga sebagai Kepala Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Bontang, Jumat (11/6/2021).

Lanjut Retno, pengguna dilarang melakukan hal-hal yang dapat mengakibatkan kerusakan arsip atau referensi secara fisik maupun informasinya, seperti memberi catatan, tanda atau coretan dengan cara apa pun pada lembar arsip, kemudian mengubah susunan atau penataan sesuai aturan aslinya, lalu menggunakan arsip sebagai alas atau landasan untuk menulis.

“Untuk bahan referensi yang terdapat di ruang baca dapat dipergunakan dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada petugas layanan. Kemudian pengguna hanya diperkenankan membawa alat tulis di ruang baca, barang-barang milik pengguna seperti tas, map , jaket dan lain sebagainya harus disimpan pada tempat yang ditentukan,” beber Retno.

Baca Juga  Ini Syarat Mengakses Arsip di LKD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang

Lanjutnya, pengguna juga tidak diperkenankan makan, minum, dan merokok di ruang baca, serta tidak diperkenankan melakukan hal-hal yang dapat mengganggu ketenangan di ruang baca, seperti membuat gaduh, berisik, membawa anak kecil di bawah usia 12 tahun.

Sementara lanjur Retno, pengguna dapat menaati waktu pelayanan, yaitu pada jam kerja, Senin hingga Kamis tepatnya pada dari pukul 08.00 hingga 16.30 Wita, sementara untuk Jumat dari pukul 08.00 hingga 11.00 Wita.

“Arsip ini merupakan aset negara jadi harus dikawal dengan tata tertib yang ketat untuk mereka yang ingin menggunakan,” pungkas Retno. (*)

Penulis: Rezki Jaya

Editor: Rachman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks