Birokrasi

DPK Bontang Tingkatkan Layanan Ramah Anak, Mengenal Literasi Sejak Usia Dini

DPK Bontang Tingkatkan Layanan Ramah Anak, Mengenal Literasi Sejak Usia Dini
Kabid Perpustakaan DPK Bontang, Usman. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

DPK Bontang tingkatkan layanan ramah anak, mengenal literasi sejak usia dini. DPK juga menyiapkan lahan untuk digunakan anak belajar bercocok tanam.

Akurasi.id, Bontang – Untuk menumbuhkan literasi serta kecintaan anak sejak dini tentang perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang berupaya untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan ramah anak.

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti melalui Kepala Bidang Perpustakaan Usman menjelaskan, terkait layanan anak pihaknya sudah menyiapkan ruang bermain yang ramah anak.

“Kebetulan ini masih masa pandemi Covid-19, untuk sementara kami tutup dulu mengikuti aturan dari pusat. Yang sebenarnya mengikuti jadwal masuk sekolah. Karena belum ada sekolah yang tatap muka jadi kami batasi anak-anak belum ada kunjungan di perpustakaan,” jelas Usman saat dikonfirmasi, Rabu (9/6/2021)

Usman menegaskan, pihaknya akan membuka layanan ramah anak itu jika jadwal sekolah sudah kembali tatap muka. Yang untuk saat ini masih menunggu tim gugus Covid-19 Bontang. Yang kalau menurut data, Bontang sudah melandai penyebarannya.

“Banyak layanan kami yang bertema ramah anak, mungkin lebih spesifiknya bagaimana kami bertutur sama anak, adanya fasilitas ruang bermain yang tidak berbahaya untuk anak. Semisal benda yang runcing kami hindari, bagaimana kami membuat tempat yang nyaman untuk anak, sehingga anak2 itu kalau di lepas bisa bebas berekspresi,” bebernya.

Selain taman untuk bermain, DPK juga menyiapkan lahan untuk digunakan anak belajar bercocok tanam. Yang tujuannya agar anak mengetahui dasar-dasar dalam menanam.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Ajak Sukseskan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

“Di belakang kami siapkan lahan untuk mendidik anak cara bercocok tanam, supaya anak-anak tahu cara menanam semisal terong, tomat, cabai dan lain sebagainya,” ungkap Usman.

Selain itu, Usman juga menjelaskan untuk saat ini DPK juga sudah menjadi Pusat Informasi Sahabat Anak (FISA) yang diperuntukkan untuk anak bisa dibimbing untuk mengenal perpustakaan, supaya minat baca tetap tinggi.

“Anak-anak ini generasi bangsa yang akan datang, dari dini kita harus biasakan dengan buku, agar ke depan bisa banyak memiliki wawasan dengan banyak membaca. Itu yang menjadi harapan kami semua di perpustakaan daerah,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya

Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks