Corak

BKKBN Tebar Virus Genre di Sekolah

BKKBN Tebar Virus Genre di Sekolah
Penyuluh dan seorang peserta memperlihatkan contoh salam Genre. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Akurasi.id, Sangatta – Generasi muda menjadi target penting dalam gerakan revolusi mental. Karena itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kutai Timur (Kutim) melalui Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PKB) membuat program Generasi Berencana (Genre).

Program ini menyasar kaum remaja usia 10-24 tahun. Dalam 10-20 tahun ke depan, para remaja yang tergabung dalam Genre mampu menghadapi tantangan bonus demografi.

Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PKB) Kutim, Monica, berpendapat, generasi muda yang berusia remaja dibebani tanggung jawab pada dirinya sendiri, keluarga, dan bangsa.

Karenanya, perlu dibentuk wadah yang dapat memberikan pemahaman kepada para remaja. Salah satunya, usaha PKB Kutim mengenalkan program Genre kepada siswa SMP Sangatta Utara dan SMP Sangatta Selatan.

“Melalui program Genre, kita ingin mengajak mereka (anak muda) merencanakan masa depan sebaik mungkin,” ujarnya kepada awak media, Selasa (16/7/19).

Dia menyebut, kegiatan menebar “virus” Genre kepada remaja bertujuan mewujudkan remaja yang sehat, cerdas, dan ceria.

“Kami mengenalkan program Genre, pendewasaan usia perkawinan bagi remaja dan pemafaatan keterampilan diri untuk menghindari TRIAD-KRR atau permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada remaja,” jelasnya.

Masalah yang kerap dihadapi remaja yakni seks bebas atau kehamilan yang tidak diinginkan, penyalahgunaan narkotika, dan terinfeksi virus HIV/AIDS.

Program Genre pun tampil meningkatkan kesadaran kesehatan reproduksi bagi remaja. Khususnya remaja putri. Menurut Monica, remaja harus memperkuat dan menyiapkan kehidupan berkeluarga serta membangun karakter.

Bentuk PIK di Sekolah

Forum Genre bersama siswa SMP Sangatta Utara usai sosialisasi dan penyuluhan program Genre. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Ia berharap dengan pengenalan Genre tersebut, Pusat Informasi Konseling (PIK) di sekolah-sekolah dapat terbentuk dan berkembang sehingga mampu menularkan virus Genre.

PIK remaja merupakan wadah Genre dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling.

Pelayanan informasi dan konseling meliputi perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegatan penunjang lainnya.

“Semoga semakin banyak remaja yang paham dengan program Genre. Sehingga mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Sejumlah siswa mengungkapkan ketertarikannya dengan kegiatan tersebut. Komentar siswa yang dihimpun media ini membuktikan, para pelajar bersyukur dapat mengetahui usia pernikahan, bahaya pernikahan dini, serta bahaya narkotika. (*)

Penulis: Ella Ramlah

Editor: Ufqil Mubin

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close