Hard News

Blangko Kosong, Disdukcapil Terbitkan 792 Surat Keterangan

Blangko Kosong, Disdukcapil Terbitkan 792 Surat Keterangan
Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk), Mohamad Karnadi saat menunjukkan suket yang dikeluarkan Disdukcapil, guna mengatasi kekosongan blangko. (Hermawan /Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Persediaan blangko E-KTP di Bontang mengalami kekosongan. Hal ini terjadi sejak 12 Juni lalu sampai dengan hari ini, Kamis (27/6/2019). Tak ayal, sebanyak 792 surat keterangan (suket) sementara pun dikeluarkan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bontang, untuk mengatasi kekosongan blangko tersebut. Suket tersebut berlaku enam bulan sejak diterbitkannya.

”Kegunaannya pun sama. Bisa dipakai untuk keperluan apapun hanya saja bersifat sementara,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk),  Mohammad Karnadi saat ditemui  di ruangannya, Kamis (27/6/2019) hari ini.

Menurut Karnadi, pihaknya sudah mengajukan permohonan blangko sebelum blangko habis. Biasanya pengajuan ke provinsi, tetapi saat ini di provinsi juga mengalami kekosongan. Sehingga pengajuan langsung ke Kementrian Dalam Negeri, dalam hal ini Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Hampir setiap daerah mengalami kekosongan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini blangkonya sudah tersedia,” ungkapnya.

Dirinya juga menerangkan, setiap harinya jika dirata-ratakan, 65-70 blangko yang di butuhkan perharinya. Selain pengajuan E-KTP baru, juga biasa pergantian E-KTP rusak dan pergantian status hingga pergantian alamat tempat tinggal.

“Banyak manfaatnya memiliki E-KTP. Bisa mengurus berbagai keperluan mulai dari perbankan, SIM, dan sebagainya,” terangnya.

Berdasarkan data Disdukcapil Bontang hingga Kamis hari ini, warga Bontang  yang belum melakukan perekaman E–KTP di Bontang sebanyak 1.530 orang. Meliputi  Bontang Utara 683 orang, Bontang Selatan 515 orang, Bontang Barat 332 orang.

“Kami sudah sering melakukan sosialisasi ke warga hingga jemput bola ke lapangan, agar semua bisa melakukan perekaman,” pungkas Karnadi.(*)

Penulis: Hermawan
Editor: Yusva Alam

5/5 (1 Review)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close