Lifestyle

Cara Ampuh agar Perempuan Melahirkan Bayi dengan Mudah

Cara Ampuh agar Perempuan Melahirkan Bayi dengan Mudah
Ilustrasi(net)

Akurasi.id, Bontang – Sebelum melahirkan, ibu hamil dituntut memiliki bekal yang cukup. Caranya, perempuan dapat mengikuti kelas hamil. Latihan ini bertujuan agar ibu hamil mendapat ilmu yang dapat diterapkan saat melahirkan bayi.

Dalam pregnancy class yang diadakan Rumah Sakit Pupuk Kaltim (RS PKT) Sabtu (27/7/19) lalu, 44 ibu hamil mengikuti kegiatan tersebut. Kelas ini memuat edukasi tentang melahirkan dengan metode gentle birth yang meliputi hypnobirthing dan senam hamil.

Spesialis Obstetri & Ginekologi RS PKT sekaligus pemateri Kelas Hamil I, Putu Satrya Wijaya, menjelaskan, metode tersebut dapat digunakan perempuan agar dapat melahirkan dengan nyaman tanpa rasa sakit, persalinan yang tenang, santun, dan memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuhnya.

Dalam metode ini, penolong dan pendamping harus membantu dengan tenang dan bersuara lembut supaya bayi yang lahir dapat merasakan suasana di sekelilingnya tenang, hening, dan damai.

Sebelum ibu melahirkan, ia perlu mempersiapkan latihan pernapasan, olahraga ringan, pijat, dan konsumsi makanan sehat di masa kehamilan. Mental ibu pun perlu dipersiapkan dengan rutin melalui relaksasi hypnobirthing, meditasi, afirmasi positif, dan menjaga ketenangan jiwa.

“Persiapan mental ibu menjadi hal penting yang akan memengaruhi kesuksesan metode ini,” katanya.

Relaksasi hypnobirthing diperlukan agar ibu hamil tidak stres. Tehnik ini merupakan cara sugesti agar alami, lancar, dan nyaman tanpa rasa sakit saat menghadapi dan menjalani masa kehamilan serta persiapan ibu melahirkan bayi.

“Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti, dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu pikiran, dan mengendalikan napas ibu hamil,” bebernya.

Metode relaksasi hypnobirthing memiliki kelebihan di antaranya ibu hamil dapat mempersiapkan mental dan spiritualnya. Sehingga ia terhindar dari risiko postpartum blues. Selain itu air susu ibu (ASI) lancar, ibu dapat melewati persalinan dengan nyaman, dan tenang tanpa rasa sakit.

“Keuntungan untuk bayi salah satunya pertumbuhan janin lebih sehat. Karena kondisi ibu yang tenang akan memberikan hormon seimbang melalui plasenta ke janin,” ucapnya.

Persalinan gentle birth memuat beberapa kunci. Pertama, perlu persiapan. Hal ini meliputi edukasi dari bidan dan dokter serta ibu hamil mengikuti program kelas hamil dan perencanaan persalinan.

Kedua, lingkungan yang meyakinkan dan menenangkan. Ketiga, kebebasan bergerak. Posisi persalinan yang bebas dapat membantu sirkulasi dan otot ibu bekerja lebih efisien. Keempat, suasana sunyi dan tenang agar mengurangi tingkat stres menjelang persalinan.

“Kelima, cahaya remang juga membantu ibu untuk nyaman melahirkan,” jelasnya. (*)

Penulis: Suci Surya Dewi
Editor: Ufqil Mubin

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close