Advetorial

Cetak Generasi Muslim Milenial Cerdas, SD Vidatra Gelar Pesantren Kilat

pesantren kilat
Para guru dan murid mengabadikan momen bersama. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang –Membentuk generasi muslim milenial yang cerdas, saleh, kreatif, dan aktif, Sekolah Dasar (SD) Vidatra melaksanakan pesantren kilat. Kegiatan rutin tahunan tersebut dilaksanakan 2 hari, yakni  Kamis (12/12/19) sampai Jumat (13/12/19).

baca juga: Juara I Renang PRSI Bontang, Siswa Asal SMA Vidatra ini Banjir Prestasi

Pesantren kilat diikuti seluruh murid mulai kelas IV, V, dan VI. Dari 165 murid, peserta pesantren kilat dibagi menjadi 8 kelompok. Yakni untuk putra dibagi menjadi 4 kelompok yakni Al-Jazari, Al-Khawarizmi, Ibnu Sina, dan Al-Battani. Sedangkan kelompok putri juga terbagi menjadi 4, yakni Aisyah, Ummu Kulstum, Siti Khadijah, dan Siti Fatimah.

Kepala SD Vidatra Nur Syamsu mengatakan kegiatan pesantren kilat sudah menjadi program rutin yang digelar setiap tahun. Tujuannya untuk membentuk karakter serta mendidik para murid SD Vidatra lebih mandiri. Dia berharap para muridnya bisa mengambil pelajaran dan hikmah selama mengikuti pesantren kilat.

“Alhamdulillah SD Vidatra bisa melaksanakan program sekolah pesantren kilat.Meskipun hanya dilaksanakan 2 hari, setidaknya anak-anak mempunyai dasar dan kesan dari pesantren kilat ini. Nantinya bisa dipraktikkan di rumah,” ucapnya, Kamis (12/12/19).

Selama pesantren kilat, para murid nantinya akan mendapat pengalaman dan kesan tak terlupakan. Setiap kelompok nantinya akan menginap di ruang kelas masing-masing. Nur Syamsu menuturkan para murid tetap merasa nyaman karena setiap kelas sudah disediakan air conditioner (AC). Pihak sekolah juga sudah menyediakan konsumsi berupa prasmanan. Meski tidur beralaskan karpet, dia berharap murid bisa belajar mandiri.

“Nanti mereka mendapat materi tentang birrulwalidayni, materi siroh, dan fikih. Mereka juga membaca alquran bersama dan salat malam,” jelasnya.

pesantren kilat
Kepala SD Vidatra Nur Syamsu memberi motivasi kepada seluruh murid sebelum pesantren kilat. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Nur Syamsu menjelaskan kegiatan pesantren kilat terlaksana berkat dukungan Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (YPVDP), Yaumil, komite sekolah, guru, serta seluruh murid dan orang tua. Dia berharap dari kegiatan tersebut dapat mencetak generasi milenial yang saleh, berbakti kepada orang tua dan guru, serta selalu taat menjalankan perintah Allah SWT.

“Terima kasih atas dukungannya. Terutama kegiatan ini juga mendapat sokongan sebagian besar dari orang tua.Dan sebagian dana itu akan dikembalikan ke anak-anak lagi,” tuturnya.

Dalam kegiatan pesantren kilat SD Vidatra pun mendapat respon positif dari orang tua murid. Salah satunya Sualfiah (37). Ibu dari ananda Nur Annisa Akmal asal kelas V ini mengaku kegiatan tersebut memberi banyak manfaat bagi anak. Di antaranya bisa memperdalam ilmu agama. Dia berharap dalam kegiatan tersebut bisa membentuk karakter anak yang saleh dan salehah serta berbakti pada orang tua.

“Harapannya anak bisa mengambil hikmah dari pesantren kilat yang diikuti ini. Bisa mengerti agama, santun terhadap guru, saudara, dan guru,” ucapnya.

Sulfiah menuturkan meski orang tua sudah memberi pendidikan kepada anak di rumah, namun di sekolah anak juga mendapat pelajaran lebih kompleks. Terutama pendidikan agama yang diajarkan di sekolah.

“Saat ini kegiatan ini sudah bagus. Namun berharap ke depannya lebih baik dan ditingkatkan lagi. Terutama jumlah pesertanya bisa lebih banyak,” tutupnya. (adv)

Penulis: Suci Surya Dewi

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close