Covered StoryLingkunganTrending

Misteri Asal-Usul Bulan dan Peran Jupiter serta Dampak Theia Dalam Pembentukan Satelit Bumi

Bulan terbentuk akibat tabrakan dahsyat antara Bumi dengan objek seukuran Mars

Loading

Akurasi.id – Dalam dunia astronomi, asal-usul Bulan selalu menjadi topik penelitian yang menarik dan penuh misteri. Sejumlah teori telah dikembangkan untuk menjelaskan bagaimana satelit alami Bumi ini terbentuk, dengan dua teori utama yang baru-baru ini mendapatkan perhatian adalah peran migrasi Jupiter dan dampak Theia terhadap Bumi.

Salah satu teori yang mendapat banyak perhatian adalah dampak Theia, yang mengusulkan bahwa Bulan terbentuk akibat tabrakan dahsyat antara Bumi dengan objek seukuran Mars, yang dikenal sebagai Theia, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ‘Geophysical Research Letters’ menambahkan dimensi baru terhadap teori ini. Ditemukan bahwa material yang terlempar ke luar angkasa akibat tabrakan ini berkontribusi pada pembentukan Bulan, serta menyisakan gumpalan material di inti Bumi yang kemudian memicu perkembangan tektonik.

Baca Juga  Bahas Pemindahan IKN, Negara Diminta Menghargai Eksistensi Kesultanan Kutai

Selain itu, peran Jupiter dalam formasi Bulan juga menjadi sorotan. Studi terbaru yang dirilis oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa migrasi Jupiter mungkin telah mengganggu kestabilan orbit Theia, memicu tabrakan yang berujung pada pembentukan Bulan. Teori ini dikenal sebagai ‘model Nice’, dinamai dari Observatorium Côte d’Azur di Perancis, tempat teori ini pertama kali dikembangkan.

Baca Juga  Tegas! Singapura Tolak Minta Maaf soal Kasus UAS

Ketidakstabilan orbital yang diakibatkan oleh migrasi planet-planet raksasa seperti Jupiter ini, menurut para ahli, merupakan faktor penting yang berkontribusi pada dinamika tata surya awal dan membentuk kondisi untuk terjadinya tabrakan besar yang membentuk Bulan.

Jasa SMK3 dan ISO

Namun, meskipun bukti-bukti pendukung teori ini terus berkembang, masih ada keraguan dalam komunitas ilmiah mengenai keseluruhan cerita pembentukan Bulan. Seperti yang dinyatakan oleh Michael Brown dari University of Maryland, “Masih belum ada bukti yang cukup kuat untuk memastikan apa yang terjadi selama periode geologis Archean.” Ini menunjukkan bahwa meskipun teori-teori ini menawarkan penjelasan yang layak, masih banyak yang perlu dipelajari tentang sejarah awal Bumi dan Bulan.

Baca Juga  Tottenham Hotspur Hadapi Kekalahan Pahit yang Menguji Mentalitas Tim

Penelitian mendalam dan kolaborasi internasional terus dilakukan untuk mengungkap lebih banyak misteri seputar asal-usul Bulan. Dengan teknologi canggih dan metode ilmiah yang terus berkembang, kita mungkin segera mendekati pemahaman yang lebih lengkap tentang bagaimana Bulan, pendamping langit kita yang misterius, terbentuk.(*)

Penulis: Ani
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button