Advetorial

Dari Gelaran Vivest 2019 SMA Vidatra, Memupuk Ukhuwah Islamiyah hingga Membumikan Islam di Tanah Benua Etam

vivest 2019
Vivest 2019 menjadi ajang bagi SMA Vidatra membangun ukhuwah islamiah di antar pelajar di Kaltim. (Destiana Nur Hidayanti/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Rohis SMA Vidatra kembali menggelar Vivest 2019 pada Sabtu 2 November 2019. Tidak seperti tahun sebelumnya yang diselenggarakan di Multi Purpose Building Badak LNG, kali ini acara dilangsungkan di Aula SMA YPVDP.

“Semestinya acara dilaksanakan di tempat yang lebih besar, namun karena ada perbaikan kita harus pindah di sini,” ucap Ketua Harian Yayasan Vidatra, Nuri Faturohman, dalam pidatonya pagi itu.

baca juga: Diikuti 30 TK, SD Vidatra Gelar Rangkaian Lomba dan Business Day

Perubahan mendadak itu tak lantas menghilangkan semangat peserta acara, mereka hadir dengan tampilan terbaik mereka dan tetap terlihat antusias. Beberapa dari mereka tampak tengah menggunakan pakaian adat dalam rangka mengikuti lomba tari kreasi. Yang lain tampak rapi dengan setelan seragam berwarna senada.

Acara yang telah dilaksanakan sejak 2010 memiliki misi utama memupuk ukhuwah islamiyah di antara pelajar muslim.  Ini juga merupakan bagian dari kegiatan besar SMA Vidatra.

Diharapkan dengan kegiatan ini setiap pelajar dapat saling mengenal satu sama lain, saling mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan potensi diri. Kegiatan juga sebagai upaya penanaman jati diri muslim, yakni takwa saleh dan soliha, pada anak-anak  milenial.

“Itu yang utama, persoalan juara lomba satu dua tiga itu berikutnya. Yang penting kita hari ini dapat bertemu dan bersilaturahmi,” Nuri menekankan.

Vidatra merupakan salah satu sekolah dengan segudang prestasi dan kini memberikan perhatian lebih pada kegiatan kerohanian Islam. Hal itu dituangkan dalam kebijakan sekolah mulai dari SD hingga SMA yang memasukkan kegiatan kerohanian secara formal dan informal. Salah satunya adalah kegiatan Vivest 2019 ini.

Dalam kesempatan itu Kepala Kementerian Agama Kota Bontang, M Isnaini, mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang terlibat. “Kegiatan Vivest 2019 adalah kegiatan kerohanian Islam yang harus kita dukung dan kita sukseskan,” ucap dia membuka pidatonya.

Selain itu, adanya acara ini diharapkan mampu memberikan pemahaman bukan hanya prestasi yang harus dapatkan, tapi juga sikap dan perilaku sebagai muslim. Dia menaruh harapan, kelak akan lahir generasi penerus yang membanggakan.

“Kami mendapatkan informasi ada siswa Bontang, juara MTQ Nasional yang kemudian memenangkan lomba MTQ Internasional dan sekarang direkrut Jakarta menjadi aset Indonesia. Semoga kegiatan ini akan lahir pemuda yang kelak akan memimpin dan membangun Kaltim ini,” harapnya.

vivest 2019
Vivest 2019 juga menjadi wadah bagi SMA Vidatra dalam membumikan nilai-nilai Islam di Kaltim. (Destiana Nur Hidayanti/Akurasi.id)

Kepala SMA YPVDP Bontang, Rohmad Taufiq menyampaikan, pelaksanaan kegiatan tahunan ini untuk membumikan Islam di Kalimantan Timur. Hal ini diwujudkan dengan mengikutsertakan beberapa sekolah di beberapa kota, di antaranya Balikpapan, Samarinda, dan Sangatta.

“Karena jarak yang jauh, maka kami mengundang sekolah dari luar yang kegiatan islaminya kuat,” sebutnya.

Tahun kesembilan ini Vivest 2019 mengangkat tema “Pelita Khatulistiwa”. Kegiatan ini diikuti sebanyak 205 pelajar dari SMP/MTS serta SMA/MA di Kota Bontang, Sangatta, dan Samarinda. Beberapa kategori lomba yang dikompetisikan di antaranya Nasyid, Tari Kreasi, Kaligrafi, Debat, Tahfiz, Cerdas Tepat Islam, dan Rangking Satu. Perlombaan dipecah di beberapa lokasi yakni di SMA Vidatra, Aula SMP Vidatra, dan Masjid Al Kautsar.

Bertindak sebagai penyelenggara, Rohis SMA Vidatra tidak mengambil bagian kepesertaan dalam acara ini. “Kami ingin agar siswa mendapatkan pembelajaran dari proses penyelenggaraan kegiatan ini. Mereka mempersiapkan sendiri semuanya, mulai dari pendanaan sampai dengan pelaksanaan acara, mereka sendiri yang menyiapkan. Dengan harapan sebagai bekal untuk mereka setelah lulus SMA nanti,” pungkasnya. (*)

Penulis: Destiana Nur Hidayanti
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (5 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close