Corak

Dekatkan Profesi Wartawan, PAUD Prima Adinda Gandeng Akurasi.id Perkenalkan Dunia Jurnalistik

profesi wartawan
Wartawan media daring Akurasi.id memberikan pengetahuan tentang media dan profesi jurnalis pada para murid PAUD Prima Adinda, Selasa (11/2/20). (Istimewa)

Akurasi.id, Sangatta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan profesi seorang wartawan atau dunia jurnalistik itu sendiri. Antara lain, dengan mengenalkannya langsung kepada masyarakat, seperti yang coba dilakukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Prima Adinda Sangatta, Kutai Timur (Kutim), Selasa (11/2/20).

baca juga: Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Aus Hidayat Ingatkan Pentingnya Memahami Sejarah

Sebagai sebuah pekerjaan yang banyak mengasah kemampuan analisa mengupas informasi lewat tulisan yang mendalam, ringan, dan enak dibaca, profesi jurnalis memang ada baiknya dikenalkan kepada anak sejak dini. Sebagaimana yang dilakukan PAUD Prima Adinda kepada para anak didiknya.

Pada kesempatan itu, PAUD Prima Adinda secara khusus menggandeng media dering Akurasi.id untuk mengenalkan dunia jurnalis dan media kepada para anak didiknya. Kegiatan itu diberi nama Kelas Inspirasi.

Wartawan Akurasi.id, Ella Ramlah yang hadir sebagai pemateri, mengaku cukup senang dengan adanya kegiatan tersebut. Menurut dia, sebagai seorang jurnalis, dirinya memang merasa memiliki kewajiban untuk mendekatkan lagu dunia jurnalis kepada masyarakat, termasuk kepada anak-anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK).

profesi wartawan
Salah satu murid PAUD Prima Adinda tampak antusias bertanya tentang profesi wartawan. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Dia juga mengapresiasi inisiatif dan inovasi yang dilakukan pihak PAUD Prima Adinda untuk memperkenalkan dunia jurnalis kepada anak sejak dini mungkin. Apalagi dunia jurnalis erat kaitannya dengan pengembangan kemampuan di bidang menulis.

“Mengenalkan media dan jurnalis kepada anak-anak usia ini merupakan sebuah tantangan. Tapi ini sebuah tantangan yang harus dijawab untuk mendekatkan media kepada semua elemen dan lapisan masyarakat,” katanya.

Bagi Ramlah, memperkenalkan media ke sekolah-sekolah memang bukan kali pertamanya. Namun khusus kepada anak usia dini, ini bisa dibilang merupakan pengalaman pertama yang cukup menantang. Karena dibutuhkan banyak metode untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak.

“Kita harus mampu memberikan pengenalan yang baik dan dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak, apa itu jurnalistik dan media, bagaimana cara bekerjanya dan apa yang dihasilkan oleh seorang jurnalis,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala PAUD Prima Adinda, Fauziah Halimatussakdiyah mengatakan, dunia jurnalistik merupakan profesi mulia yang memiliki tugas menyampaikan informasi aktual kepada masyarakat. Menurutnya, media dan pers memiliki andil besar dalam pembangunan masyarakat, daerah, dan bangsa. Sehingga perlu diperkenalkan kepada anak-anak.

“Kami memang ingin mengenalkan anak-anak didik yang kami punya kepada semua profesi dan pekerjaan, termasuk profesi wartawan ini. Dan ini merupakan salah satu kurikulum pendidikan di PAUD Prima Adinda,” katanya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Dirhanuddin

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close