HeadlineIsu Terkini

Detik-detik Terbakarnya 50 Kios di Pasar Sangkulirang

Warga dan tim pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Pasar Sangkulirang. (Polsek Sangkulirang for Akurasi.id)

Akurasi.id, Sangatta – Dalam potongan video berdurasi 11 menit yang disiarkan secara langsung oleh seorang netizen di Sangatta, Kutai Timur (Kutim), orang-orang terlihat berlarian saat mengetahui Pasar Sangkulirang terbakar pada Jumat (5/7/19) pukul 16.30 Wita.

“Matikan listrik,” begitu terdengar teriakan seseorang di video tersebut. Di saat bersamaan, para pemilik toko di pasar itu bahu-membahu mengeluarkan barang-barangnya.

Tak ada yang menyahut teriakan laki-laki tersebut. Sekali lagi dengan teriakan yang lantang, dia berujar, “Matikan listrik sekarang.”

Berjarak sekira 15 meter dari tempat berdirinya pria tersebut, api mulai membesar. Asap melambung tinggi dan menutup sebagian lorong-lorong pasar. Orang-orang berlarian menjauh dari pusat api.

“Minggir. Minggir. Keluarkan semua barang-barang. Cepat menjauh dari api. Api sudah mendekat. Jangan dekati asap,” perintah laki-laki yang berbadan besar.

Di detik-detik berikutnya, orang-orang yang menyaksikan kebakaran tersebut terlihat menutupi hidungnya dengan lengan bajunya. Ada pula terdengar suara seseorang yang muntah-muntah.

Kala api mulai membesar, tim pemadam kebakaran berdatangan. “Mereka berusaha mengevakuasi,” kata saksi mata bernama Abdul Muin.

Perintah mematikan listrik ternyata berhubungan dengan penyebab kebakaran di pasar tersebut. Api diduga berasal dari arus pendek listrik di salah satu kios di Pasar Sangkulirang.

Setelah bekerja keras, tim pemadam kebakaran yang dibantu pemilik toko dan warga setempat berhasil memadamkan si jago merah. Api baru benar-benar padam setelah satu setengah jam tim berusaha memadamkannya.

“Sekitar jam 18.00 Wita api berhasil dipadamkan,” ungkapnya. Beberapa kendala sempat dihadapi tim pemadam. Antara lain kurangnya armada serta pasar yang ramai pengunjung.

Kebakaran itu mengakibatkan 50 petak kios ludes terbakar. Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran di Pasar Sangkulirang.

Terpisah, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kutim AKBP Teddy Ristiawan melalui Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sangkulirang, AKP Samsu Alam, menuturkan, pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Bangunan pasar ini didominasi material kayu. Untuk kerugian, masih dalam proses penyidikan,” ujarnya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (6 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close