Corak

Dianugerahi ‘Ding Dea Laeng Hong’, Kapolda Kaltim: Saya Akan Menjaganya

kapolda kaltim
Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat saat bertandang ke Kutim. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Akurasi.id, Sangatta – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kaltim Irjen Pol Muktiono bertandang ke Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Jumat (14/2/20). Kehadiran orang nomor satu di satuan Bhayangkara Kaltim itu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Kutim.

baca juga: Menilik Berbuka Puasa Senin–Kamis di Masjid Baiturrahman, Siapapun Boleh Datang!

Bahkan, kehadiran Irjen Pol Muktiono di Sangatta, Kutim, mendapatkan sambutan secara adat dari masyarakat adat Dayak saat tiba di kantor Polres Kutim. Selain itu, orang nomor satu di kepolisian Kaltim itu pun dianugerahi gelar atau nama kebesaran adat Dayak.

Dalam prosesi penganugerahan gelar atau nama kebesaran para tokoh adat dipimpin Kepala Adat Besar Dayak Kaltim-Kaltara, Indra Bengeh. Proses penganugerahan diawali dengan prosesi pemasangan ikat lekok, kalung, baju, topi, mandau hingga ritual tengkaek.

Kepala Adat Besar Dayak Kaltim-Kaltara, Indra Bengeh menyampaikan, nama atau gelar yang diberikan kepada kapolda Kaltim adalah Ding Dea Laeng Hong. Ding Dea adalah Benteng Matahari. Laeng Hong adalah Ibu yang melahirkan Ding Dea.

“Jadi arti nama kebesaran yang dipilih adalah seorang pria atau pahlawan, satria yang mendiami dan menguasai dua alam, yaitu di Bumi dan di Langit,” jelas Indra Bengeh.

Dipilihnya kapolda Kaltim sebagai penerima gelar adat karena dianggap sebagai pemimpin dan penjaga keamanan serta persatuan masyarakat Tanah Benua Etam –sebutan Kaltim.

“Ini mengibaratkan kalau kapolda ini memang diturunkan dari langit untuk turun memperbaiki segala kondisi dan keadaan yang bermasalah baik dari dirinya, lingkungan maupun instansinya sesuai dari arti nama kebesarannya,” papar Indra.

Kepada awak media, Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono berharap, gelar atau nama kebesaran yang disematkan padanya, dapat dia amalkan dan wujudkan dalam memimpin Polda Kaltim serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

iklan-mahyunadi-MAJU-KUTIM-JAYA

“Melalui gelar atau nama kebesaran ini, saya akan menjaga amanah yang dipercayakan,” ucapnya.

Lanjut dijelaskan kapolda Kaltim, untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dirinya selalu mengedepankan upaya-upaya pencegahan dibandingkan penindakan. Sebab menurutnya, upaya pencegahan yang jauh lebih murah dan mudah untuk menciptakan masyarakat yang aman dan damai.

“Saya mengharapkan dukungan rekan-rekan Polri, sebab tanpa dukungan mereka, saya tidak bisa berbuat banyak. Dukungan dari masyarakat dan semua elemen masyarakat juga sangat saya harapkan untuk sama-sama menjaga agar Kaltim senantiasa kondusif dan aman,” tandasnya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Dirhanuddin

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close