HeadlineIsu Terkini

Diduga Konsleting Listrik, Pemadam Kebakaran Sempat Kesulitan Padamkan Api Setinggi 7 Meter

Diduga Konsleting Listrik, Pemadam Kebakaran Sempat Kesulitan Padamkan Api Setinggi 7 Meter
Kebakaran di Bontang Kuala. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Kebakaran terjadi di objek wisata Bontang Kuala, diperkirakan terjadi sekira pukul 19.31 Wita, pada Selasa (13/10/20) lalu. Data sementara sekitar 6 rumah yang hangus terbakar. Menurut saksi mata, Saana sekaligus pemilik kedai yang lokasinya berada persis di depan terjadinya kebakaran menerangkan, awal mula api terlihat di loteng Kafe Mutiara, diduga pemicu api karena konsleting listrik.

Baca juga: BREAKING NEWS! Kebakaran Bontang Kuala Hanguskan Rumah di Depan Panggung

“Awalnya mucul api di loteng, begitu api muncul langsung besar dan melebar,” ucap perempuan berumur 50 tahun itu.

Saana juga menjelaskan pada saat awal kejadian, kondisi di Bontang Kuala lagi sepi pengunjung, mengingat malam kejadian adalah selasa malam dan masih jam salat Isya.

M Yani selaku Kadis Damkar Bontang menjelaskan dalam proses pemadaman api sempat terkendala, faktor angin di lokasi cukup kencang sehingga api sulit untuk dijinakkan.

“Ketinggian api diperkirakan mencapai 7 meter akibat kencangnya angin dan posisi titik api yang sulit untuk dijangkau untuk mobil tidak bisa masuk. Kendala lain yaitu banyaknya warga ikut menyaksikan hingga membuat akses kita cukup terhambat,” ungkapnya.

Diduga Konsleting Listrik, Pemadam Kebakaran Sempat Kesulitan Padamkan Api Setinggi 7 Meter
M Yani Kadis Damkar Bontang. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Namun kobaran api mulai dijinakkan setelah 90 personel pemadam dibantu oleh sebagian warga yang ikut dalam pemadaman api tersebut dengan dilengkapi penerangan, mesin apung, dan selang sepanjang 100 meter. Kata dia ini merupakan SOP untuk di daerah pesisir seperti yang terjadi di Bontang Kuala.

“Untungnya di sekitar lokasi kejadian ada air laut hingga membantu kami memadamkan api, kemudian Api berhasil kami jinakkan setelah 90 personel dan relawan diturunkan,” ungkap yani.

“Pemadaman dilakukan dengan mengunakan alat floting pump atau mesin apung yang diletakan di atas air. Untuk penyebab kebakaran di Bontang Kuala, Yani mengatakan masih didalami. Sedangkan jumlah korban jiwa masih belum diketahui. Sementara untuk kerugian dari rumah yang terbakar masih didata.

Baca Juga  Kedai Pesisir Tanjung Limau Didirikan DKP3 Bontang untuk Nelayan dan Masyarakat

“Kami masih menghitung rumah dan kafe yang terkena dampak kebakaran ini, untuk penyebab kebakaran masih kami dalami dari para saksi mata di lokasi,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks