Isu Terkini

Diseruduk Crane Truk, Kabel PLN Kelurahan Api-Api Putus, Listrik Pun Padam

Diseruduk Crane Truk, Kabel PLN Kelurahan Api-Api Putus, Listrik Pun Padam
Sebuah kabel listrik di Kelurahan Api-Api putus setelah tersangkut crane truk yang melintas. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang– Sebuah kabel di sekitar Kelurahan Api-Api, Bontang Selatan, Bontang tersangkut ujung crane truk yang hendak melintas di kawasan tersebut, Senin (14/9/2020) pukul 11.40 Wita.Akibatnya listrik di sekitar area tersebut padam.

Baca juga: Terbukti Edarkan Narkotika, Warga Muara Badak Diciduk Polisi di Rumahnya

Menurut penuturan Supri yang melihat kejadian dengan jelas, mengatakan memang ada kabel di sekitar tempat tersebut yang menjuntai cukup rendah. Mungkin, sebab dari cuaca yang buruk dalam beberapa hari terakhir.

“Kabelnya kena atas mobil atau crane, gara-gara kabel itu memang agak rendah lantaran kena angin,” kata Supri warga yang biasa nongkrong di sekitar lokasi kejadian.

Selain kabel yang tersangkut oleh crane, tiang listriknya pun sudah keropos dan memiliki beban yang berat, menjadi salah satu alasan kenapa akhirnya tiang listrik di tempat kejadian bengkok.

“Tiang penyanggah kabel tak tahan menyanggah beban kabel, tiang itu juga sudah lama,” lanjutnya.

Kemudian, penjelasan dari Taki sopirtruk CV Pangestu yang menyeruduk kabel PLN, menyatakan kalau dirinya sudah biasa melalui jalanan tersebut, tapi ia juga kaget melihat kondisi kabel yang menggelantung di badan jalan.

Ia pun sempat menghindar, namun perkiraannya meleset, karena kabel ternyata sangkut di belakang truk miliknya.Kabel yang tersangkut akhirnya putus, karena tingginya hanya tersisa 3,5 meter di atas badan jalan, yang seharusnya posisi kabel 4,5 meter.

“Memang posisinya rendah dan memakan jalan, pas tikungan, pas menikung kabel tersebut menyangkut di crane mobil yang memiliki tinggi 3,5 meter. Seharusnya aman saja kalau tinggi kabel 4,5 meter,” tuturnya.

Saat yang bersamaan tim teknis dari PLN Bontang langsung sigap mendatangi tempat tersebut. Dan langsung melakukan penanganan untuk segera memperbaiki jaringan listrik di sekitar tempat kejadian.

Keterangan dari Tim Teknis PLN Bontang MYusuf mengatakan, bahwa kerusakan kabel tersebut telah mendapatkan penanganan dari pihaknya.

“Mati listrik seputaran sini saja, karena satu gardu saja yang kena, untuk daerah lain aman, kami upayakan secepatnya melakukan perbaikan,” katanya.(*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks