HeadlineIsu Terkini

Dua Karyawan di Balikpapan Positif Covid-19 dari Transmisi Lokal, Perusahaan Pilih Tetap Beroperasi?

COVID-19 BALIKPAPAN
Kasus pasien positif Covid-19 di Balikpapan terus bertambah. (Ilustrasi)

Akurasi.id, Samarinda – Satu lagi warga Balikpapan yang dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 pada Rabu (22/4/20) hari ini. Pasien dengan kode BPN24 itu terkonfirmasi sebagai kontak erat dengan pasien BPN21, yang tidak lain merupakan rekan kerjanya.

baca juga: UPDET: 10 Peserta Ijtima Ulama Asal Berau Ditetapkan PDP, Positif Covid-19 Ada 2 Orang

Tambahan satu kasus positif tersebut, menambah rentetan kasus transmisi lokal di Kota Minyak –sebutan Balikpapan. Lantaran, pasien BPN24 terinfeksi corona dari BPN21 saat berada di tempat dia bekerja.

Hal tersebut disamapikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Andi Muhammad Ishak, saat menggelar video telekonferensi dengan awak media, petang tadi.

Dia menjelaskan, warga Balikpapan yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau BPN24 merupakan laki-laki berusia 46 tahun. Yang bersangkutan adalah hasil tracking dari kontak kasus dengan BPN21.

“BPN24 merupakan hasil tracking Dinkes Balikpapan dari pasien BPN21 yang sebelumnya dinyatakan positif pada 18 April 2020 akibat transmisi lokal, lantaran yang bersangkutan tak memliki riwayat perjalanan dan tak terhubung dengan klaster manapun,” paparnya.

Saat dilakukan tracking pada 18 April 2020, BPN24 juga mengeluhkan demam, batuk, dan sesak nafas, sehingga yang bersangkutan langsung ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) oleh tim medis RSUD Kanudjoso Balikpapan.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, BPN24 diketahui merupakan rekan satu kerja dari BPN21 di suatu perusahan cukup besar di Balikpapan. “Dugaan sementara, yang bersangkutan merupakan transmisi lokal yang diduga terjangkit di perusahan tempat mereka berdua bekerja,” ungkapnya.

Walaupun telah terjadi transmisi lokal di tempat kerja mereka berdua, namun Andi menyebutkan, bahwa perusahan tersebut masih tetap beroperasi seperti biasa hingga hari ini.

“Kami masih menunggu langkah-langkah yang akan diambil Dinkes Balikpapan untuk tindak lanjutnya, apakah akan dilakukan rapid test kepada seluruh karyawan atau seperti apa,” imbuhnya.

Saat ini BPN24 dan rekan satu kerjanya tengah di isolasi bersama pasien positif Covid-19 lainnya di RSUD Kanudjoso Balikpapan. Untuk diketahui, dengan adanya penambahan satu kasus itu, maka total pasien positif di Balikpapan berjumlah 24 kasus, sembuh 4 kasus, dan meninggal 1 kasus. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close