HeadlineIsu Terkini

Duduk Perkara Kebarakan di Agus Salim Samarinda, Hanguskan 33 Rumah, Kerugian Ratusan Juta

Duduk Perkara Kebarakan di Agus Salim Samarinda, Hanguskan 33 Rumah, Kerugian Ratusan Juta
Kondisi salah satu rumah yang ludes terbakar di Samarinda yang terjadi pada Rabu (5/8/2020) malam. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Api melahap habis pemukiman warga yang bermukim di Jalan Agus Salim, Samarinda pada Rabu malam (5/8/2020) sekitar pukul 20.30 wita. Akibatnya kebakaran melahap habis bangunan warga di RT 18 dan 19. Tercatat sebanyak 33 rumah warga di bagian barat Gor Segiri yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa tersebut diketahui rata.

baca juga: Patut Diwaspadai, Jelang Pilkada Kutim 2020, Akun Medsos Bodong Menjamur, Banyak Tebar Kebencian

Camat Samarinda Kota, Anis Siswantini memaparkan, bahwa 33 rumah yang terdampak merupakan jumlah rumah yang sementara terdata sejak tadi malam.

“Data hari ini belum valid cuman mendekati, hingga sekarang ini terdapat 2 RT terdampak, yakni RT 18 dan 19 yang kena, kedua RT itu terdiri dari 33 rumah, 55 KK dan 166 Jiwa,” jelas Anis saat disambangi di lokasi kejadian Kamis pagi (6/8/2020).

Anis menjelaskan bahwa untuk penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan. Namun dari informasi yang ia dapatkan dari masing-masing RT, penyebab kebakaran diduga berasal dari kompor yang meledak di salah satu rumah warga.

“Sumber data langsung dari ketua RT 18 dan 19, penyebab kebakaran masih diduga, tapi disebut dari salah satu rumah warga yang kompornya meledak, tapi untuk kepastiannya masih dalam penyelidikan,” pungkasnya.

Selain itu salah satu korban kebakaran di RT 19, Kelurahan Sungai Pinang Luar, Anna (40) mengatakan, mengalami kerugian materi yang cukup besar. “Semua habis kebakar mas, jadi pas kebakar itu katanya ada motor juga ikut, makanya api makin besar semua,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, mengalami kerugian ratusan juta rupiah akibat dari kejadian tersebut. “Kira-kira ratusan juta ada mas, karena semuanya habis terbakar tidak ada yang tersisa,” katanya.

Sementara itu, menurut pantauan dari media ini, puluhan warga yang terdampak bergotong royong mengambil barang-barang yang dapat dipakai kembali.

Gerak Cepat Jaang Salurkan Bantuan Pada Korban Kebakaran

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang sambangi lokasi kebakaran di Jalan Agus Salim dan beri bantuan kepada korban kebakaran. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang langsung menyambangi lokasi kebakaran di Jalan Agus Salim, Kelurahan Sungai Pinang Luar, Samarinda pada Kamis (6/8/2020). Jaang yang hadir bersama Wakil Wali Kota Samarinda M Barkati dan Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Sugeng Chairuddin.

Mereka memantau lokasi kejadian dan turut memberikan secara simbolis, bantuan sembako kepada 10 warga RT 18 dan 19 yang terdampak. Pada kesempatan itu pula Syaharie Jaang mengimbau kepada seluruh warga Samarinda agar selalu waspada.

“Saya mengimbau kepada seluruh warga Samarinda untuk kita semua waspada, karena kebiasaan kebakaran di daerah kita ini, kalau satu kali kebakaran bisa muncul lagi,” ujarnya saat diwawancarai pada Kamis (6/8/2020).

Jaang mengingatkan bahwa masyarakat harus selalu waspada terhadap barang-barang elektronik dan juga alat-alat lain yang berpotensi untuk memercik api dan menciptakan kebakaran. “Kita berdoa dan selalu waspada bagaimana aliran listrik, kompor, ketika meninggalkan rumah. Sehingga hal ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks