Advetorial

Fintech Days 2019 sebagai Sarana bagi AFPI Meningkatkan Literasi Keuangan

Sejumlah perusahaan yang tergabung dalam AFPI bersama OJK memberikan penjelasan terkait fintech lending. (Ufqil Mubin/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Kebutuhan masyarakat yang tinggi terhadap akses layanan finansial yang lebih mudah dijangkau membuat industri fintech peer to peer lending (fintech lending) berkembang pesat.

Beriringan dengan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas industri fintech lending terus menggalakkan perluasan inklusi dan literasi terkait fintech lending melalui program sosialisasi rutin bertajuk Fintech Days 2019 yang telah dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia.

Pandu Aditya, wakil kepala Bidang Institusional dan Humas Asosiasi Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), mengatakan, Fintech Days 2019 juga diadakan di Samarinda dengan mengangkat tema Fintech Exhibition 2019. Acar ini merupakan sarana berbagi pengetahuan antara perusahaan fintech lending dan masyarakat.

Fintech Exhibition 2019 diadakan di Big Mall Samarinda dari tanggal 3 hingga 4 September 2019. Lebih dari 50 perusahaan fintech lending seperti Danamas, Tokomodal, dan Fintag turut hadir dalam acara tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan memudahkan masyarakat yang selama ini memiliki pertanyaan seputar fintech lending agar dapat memperoleh informasi terkait layanan dan produk fintech lending secara lebih lengkap,” ungkapnya, Kamis (5/9/19).

Kata Pandu, Fintech Exhibition digelar sebagai salah satu cara AFPI untuk lebih dekat dengan masyarakat, khususnya pengguna layanan fintech lending. Tujuan lainnya sebagai wujud komitmen AFPI mendukung pemerintah dalam mempercepat peningkatan literasi keuangan di Indonesia.

Pimpinan AFPI dan OJK berfoto bersama setelah menjelaskan fintech lending. (Ufqil Mubin/Akurasi.id)

Selain itu, ada pula rangkaian acara Fintech Days 2019 yang diselenggarakan oleh OJK. Lembaga yang mengawasi AFPI ini menyelenggarakan seminar yang bertajuk Membangun Industri Fintech Lending Terpercaya.

“Ini akan mengundang berbagai pembicara dari berbagai instansi seperti OJK, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), hingga Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF),” sebutnya.

Selain instansi pemerintah, acara ini juga menghadirkan CEO dari beberapa perusahaan fintech terkemuka. Dalam sesi CEO Talkshow, mereka berbagi informasi pengelolaan bisnis daring.

“Dalam seminar tersebut dijelaskan secara detail terkait perlindungan konsumen oleh Direktorat Pelayanan Konsumen OJK serta Satgas Waspada Investasi,” bebernya.

Dari seluruh rangkaian acara Fintech Days dan Fintech Exhibition ini, dia berharap semakin banyak orang yang memperoleh informasi bermanfaat. “Serta mendapatkan kemudahan akses keuangan melalui layanan yang diberikan penyelenggara fintech lending,” pungkasnya. (*)

Penulis: Humas AFPI
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (1 Review)
Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close