HeadlineIsu Terkini

Hanya Sempat Selamatkan Ijazah, Rijal: Kerugian Saya Capai Rp1.5 Miliar

Hanya Sempat Selamatkan Ijazah, Rijal: Kerugian Saya Capai Rp1,5 Miliar
Suasana rumah warga Bontang Kuala pasca terjadinya kebakaran. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Pasca kebakaran yang melanda di Kelurahan Bontang Kuala pada Selasa (12/10/20) malam lalu, sebanyak 11 rumah dan cafe hangus dilalap api. Salah satu pemilik rumah yang menjadi korban kebakaran, Rijal bersama Istrinya menjelaskan, kerugian secara pribadi ditaksir mencapai Rp1.5 miliar.

Baca juga: Diduga Konsleting Listrik, Pemadam Kebakaran Sempat Kesulitan Padamkan Api Setinggi 7 Meter

Dengan mata menerawang, Rijal mengingat bagaimana saat si jago merah melahap rumahnya dalam waktu singkat. Yakni hanya dalam hitungan 10 menit.

Kini rumahnya hanya menyisakan   tiang-tiang yang sudah menjadi arang. Rijal ingat kondisi malam itu. Ketika rumah yang lain sudah terbakar, dirinya mencoba menyelamatkan barang berharganya di tengah kegelapan lantaran listrik sudah terputus. Bak seperti orang buta, Rijal hanya menerka-nerka dan meraba mencari surat-surat berharganya.

“Sudah tidak sempat lagi menyelamatkan barang yang ada, saya hanya sempat menyelamatkan ijazah sekolah saya. Selebihnya untuk BPKB dan beberapa surat lain tidak bisa di selamatkan karena kondisi mati lampu,” jelas Rijal kepada wartawan, Rabu (14/10/20) lalu.

“Di rumah ada 3 KK, total ada 7 orang, kerugian saya capai Rp1.5 miliar,” lanjutnya.

Pemerintah akan Mempercepat Pembangunan Kembali

Sejak Rabu lalu, gerakan bantuan sosial untuk korban kebakaran mulai berjalan. Dari pantauan Akurasi.id, banyak bantuan yang datang dari berbagai kalangan. Baik dari individu maupun kelompok.

PJS Wali Kota Bontang Riza Indra Riadi  pun menyampaikan turut berduka atas musibah yang dialami warga Bontang Kuala. Riza meminta untuk warga dapat tabah dan bersabar atas kejadian ini. Terlebih musibah ini terjadi di tengah wabah pandemi Covid-19 yang kini masih menyelimuti Bontang.

“Dari pemda dan pemkot tadi sudah memberikan bantuan, baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga turut membantu untuk sekedar meringankan beban yang dialami saudara kita yang ada di BK,” ucap Riza saat dihubungi via telepon.

Baca Juga  PT KDM Gelar Pelatihan Pembuatan Video Bahan Ajar untuk Guru PAUD

Sesegera mungkin, kata Riza, pemerintah akan mempercepat perbaikan di lokasi kebakaran. Mengingat tempat itu merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi masyarakat, baik dari dalam maupun luar kota.

“Untuk perbaikan secepatnya kami perbaiki sehingga mereka yang di sana tidak terganggu, mengingat Bontang Kuala ini terkenal dengan tempat untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bisa menunjang ekonomi masyarakat terutama masyarakat sekitar BK,” pungkasnya.

Sebelumnya, tim inafis sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Namun belum bisa memastikan penyebab amukan si jago merah itu. Menurut kabar yang beredar, penyebabnya konsleting listrik disalah satu cafe yang berada di tempat wisata itu, yakni Cafe Mutiara.

Dari data yang dihimpun Kelurahan Bontang Kuala, kebakaran terjadi di Jalan Batu Sahasa 4 dan 5, meliputi RT 5, RT 6, dan RT 7. Setidaknya ada 6 rumah terdampak, yakni 2 cafe, 3 kios dan 1 rumah makan. Diantaranya juga terdapat 5 rumah tempat tinggal. Total 22 KK yang menjadi korban dengan total 65 Jiwa. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks