Hard News

Gempa Sulbar, Basarnas Balikpapan Kirim Personel

Gempa Sulbar, Barsanas Balikpapan Kirim Personel
Basarnas Balikpapan mempersiapkan personel dan peralatan untuk membantu warga Sulbar yang terkena gempa. (istimewa)

Selain personel, Basarnas Balikpapan turut membawa peralatan seperti tenda posko, genset, alat penerangan, serta peralatan SAR pendukung lainnya.

Akurasi.id, Samarinda Basarnas Balikpapan mengirimkan 27 personel untuk membantu korban bencana gempa di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) pagi.

“Hari ini Jumat (15/1/2021), kami berangkatkan 27 personel yang terdiri dari 2 orang perwira, 12 orang penyelamat, dan 13 ABK,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta, saat dikonfirmasi Jumat (15/1/2021).

Baca Juga  Penyelundupan Narkotika ke Kalsel Seberat 1 Kilo Digagalkan Polisi Ketika Hendak Dikirim dari Samarinda

Selain 27 personel, pihaknya juga turut membawa peralatan seperti tenda posko, genset, alat penerangan, serta peralatan SAR pendukung lainnya.

“Kami berangkat dari Balikpapan sekira pukul 10.00 Wita dan diperkirakan pukul 22.00 Wita tiba di lokasi menggunakan KN SAR Wisanggeni 236,” ungkapnya.

Rencananya, Basarnas Balikpapan akan membantu korban gempa di Mamuju selama 7 hari. Dan nantinya akan menunggu arahan Basarnas pusat bila masa tugas sudah selesai.

Sebelumnya dikabarkan, gempa menimpa Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) dengan kekuatan magnitudo 5,9 SR pada pukul 13.35 WITA, Kamis (14/1/2021). Dan gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 6,2 SR, pada pukul 02.28 Wita.

Baca Juga  Penipuan Berbasis Aplikasi Vtube, Uang Saku hingga TikTok Cash Evolusi dari Investasi MLM

Akibat gempa tersebut sejumlah bangunan pemerintahan dan swasta rusak berat akibat guncangan gempa. Seperti Kantor Gubernur Sulbar, Hotel Dmaleo Mamuju, dan Hotel Matos Mamuju.

Khawatir akan ada gempa susulan warga Mamuju pun lebih memilih mengungsi di persawahan memanfaatkan kandang ayam dan pondok. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks