Hard News

Kronologis Kasus Ledakan Disusul Kebakaran Loa Janan Ilir, 7 Rumah Ludes Dilahap Api

Kronologis Kasus Ledakan Disusul Kebakaran di Loa Janan Ilir, 7 Rumah Ludes Dilahap Api
Para warga bersama petugas pemadam berjibaku memadamkan kebakaran yang terjadi di Jalan Soekarno Hatta (Barito), kilometer 1, Gang 17. (Dok TRC-ITS)

Kronologis Kasus Ledakan Disusul Kebakaran Loa Janan Ilir, 7 Rumah Ludes Dilahap Api. Sejumlah rumah yang berbahan kayu membuat api cepat merembet dan banyaknya warga yang menonton serta kondisi jalan yang sempit menjadi kendala dalam pemadaman.

Akurasi.id, SamarindaKebakaran kembali terjadi di Kota Samarinda. Meski di tengah hujan, api dengan cepatnya berkobar menghanguskan 7 rumah milik warga yang terletak di Jalan Soekarno Hatta (Barito), Kilometer 1, Gang 17, RT 18, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan Ilir, Minggu pagi (11/7/2021) pukul 10.10 Wita.

Kebakaran Loa Janan Ilir yang merupakan bagian yang kawasan padat penduduk itu, membuat warga cukup panik. Karena, jarak antar rumah yang terbilang cukup berdekatan, dikhawatirkan bisa meratakan rumah lainnya yang ada di kawasan tersebut. Apalagi, di Loa Janan Ilir, sering terjadi musibah kebakaran dalam skala besar.

Para pemadam kebakaran bersama warga sekitar pun berusaha memadamkan api yang diduga berasal dari salah satu rumah. Warga mendengar ledakan disusul kebakaran. “Sebelum kebakaran warga sekitar mendengar suara ledakan,” kata Ketua TRC-ITS Joko Siswanto saat dikonfirmasi Minggu (11/7/2021).

Sejumlah rumah yang berbahan kayu membuat api cepat merembet dan banyaknya warga yang menonton serta kondisi jalan yang sempit menjadi kendala dalam pemadaman. “Hampir seluruh area terbakar, berbahan kayu beruntung saat kejadian kondisi cuaca hujan, membuat api dapat cepat dipadamkan,” terangnya.

Api baru dapat dipadamkan, 1 jam setelah pihak pemadam menurunkan 7 Unit tangki fire truk Disdamkar dan PMK Relawan, serta 13 unit pemadam portable relawan. Api padam pukul 11.10 Wita.

Pria yang kerap disapa Jokis itu menerangkan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun salah satu relawan dari KPJ terluka saat menuju ke lokasi kebakaran. “Rekan kami mengalami kecelakaan saat menuju lokasi kebakaran,” tandasnya. Guna mengetahui penyebab kebakaran, pihak kepolisian telah berada di lokasi guna mencari penyebab asal api beras. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks