Hard NewsHeadline

Speedboat Terbalik Tewaskan 5 Orang, Satu Korban Dikabarkan Hilang

Speedboat Terbalik Tewaskan 5 Orang, Satu Korban Dikabarkan Hilang
apal speedboat terbalik di perairan sungai Sembakung, Tarakan (istimewa)

Speedboat terbalik tewaskan 5 orang, satu dalam pencarian. Dikabarkan kapal cepat ini terseret pusaran arus.

Akurasi.id, Samarinda – Sebuah speedboat terbalik tewaskan 5 orang di perairan Sungai Sembakung, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara pada Senin (7/6/2021), pukul 13.28 Wita.

Kepala SAR Tarakan Amiruddin AS mengatakan, speedboat SB Ryan diketahui bertolak dari Kota Tarakan menuju Desa Atap, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan dengan person on board (POB) 30 orang.

Namun ketika berada di perairan Desa Pelaju Sembakung, speedboat SB Ryan terbalik akibat terkena pusaran arus yang deras, diduga dampak dari banjir yang melanda Desa Sembakung beberapa hari lalu.

“Kantor SAR Tarakan menerima informasi kecelakaan speedboat tersebut pukul 14.00 Wita. Dan langsung memberangkatkan 1 tim rescue menuju last know positions (LKP) pukul 14.17 Wita dengan jarak 39,19 nautical mile (NM),” jelas Amiruddin A.S melalui rilisnya.

Amiruddin menambahkan, speedboat SB Ryan terbalik akibat pusaran air cukup kencang. Ketika speedboat melintasi area tersebut haluan masuk ke dalam air yang mengakibatkan terbalik, dan membuat 30 penumpang ikut terbawa arus.

Dari koordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Bulungan pihaknya mencatat dari 30 total penumpang, diketahui 24 orang selamat, sedangkan lima orang dikabarkan meninggal dunia dan satu penumpang masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan.

Baca Juga  Narkotika Senilai Rp16 Miliar Dimusnahkan, Dilarutkan ke Kloset Usai Diblender Bersama Ganja dan Ekstansi

“Tim gabungan sudah menuju lokasi speedboat terbalik, guna melakukan evakuasi kapal dan para penumpang yang selamat,” terangnya.

Selain itu pihaknya juga masih melakukan pencarian terhadap penumpang yang masih hilang di perairan Sembakung.

“Estimasi perjalanan tim menggunakan 1 unit RIB 01 menuju lokasi sekitar 2 jam 30 menit dengan heading 315 derajat. Untuk diketahui, kecepatan angin saat ini mencapai 3 hingga 12 knots dengan tinggi gelombang 0,5 meter dan arah angin barat laut-timur laut,” tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks